Sirkuit MotoGP Argentina Dilalap Si Jago Merah, Pertandingan Tetap Berjalan

Kondisi terkini Sirkuit Termas de Rio Honda Argentina. (NET)

BERITA.NEWS, Jakarta – Sirkuit Termas de Rio Honda Argentina mengalami kebakaran hebat. Sekitar 80 persen bangunan rusak akibat kebakaran tersebut. Meski demikian, pihak pengelola sirkuit tetap berkomitmen untuk bergerak cepat melakukan renovasi agar MotoGP Argentina musim 2021 tetap bisa digelar.

“Kami akan melakukan segala kemungkinan untuk menjalani kalender yang telah kami rencanakan, termasuk MotoGP pada bulan November,” kata Direktur sirkuit Termas de Rio Hondo, Hector Farina dikutip dari Crash, Selasa 9 Februari 2021.

Berdasarkan update terbaru jadwal MotoGP, Grand Prix Argentina yang awalnya digelar April 2021 sementara diundur hingga akhir tahun karena imbas pandemi Covid-19. Hal ini tentunya sedikit menguntungkan karena pengelola mendapatkan waktu beberapa bulan untuk renovasi dan perbaikan fasilitas sirkuit.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, kebakaran yang terjadi pada Sabtu 6 Februari 2021 dini hari waktu setempat merusak beberapa fasilitas utama sirkuit seperti bangunan pit, ruang media, ruang kontrol dan lounge VIP.

Namun beruntung, salah satu fasilitas paling berharga yakni museum sirkuit yang menampilkan mobil dan sepeda motor bersejarah berhasil selamat dari amukan si jago merah. Fasilitas lain yang juga selamat dari kobaran api adalah menara kontrol dan pusat medis.

Sejak kembali mengisi kalender resmi MotoGP pada 2014 silam, Marc Marquez menjadi rider paling sering menang di MotoGP Argentina dengna tiga kali kemenangan. Sedangkan sisanya dimenangkan Valentino Rossi, Maverick Vinales dan Cal Crutchlow masing-masing satu kali kemenangan.