Gubernur Resmikan RPH Moderen Ruminansia, Pemprov Anggarkan Rp 17 Miliar

Peresmian RPH Moderen Ruminansia.

BERITA.NEWS, Makassar – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) akhirnya meresmikan Rumah Potong Hewan (RPH) Moderen Ruminansia di Tamangapa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Senin (8/2/2021).

Gubernur Nurdin meminta pihak Pemkot Makassar ikut memelihara dan menjaga bangunan RPH Moderen yang baru tersebut, meskipun masuk dalam aset Pemprov Sulsel.

“Ini hasil dari sinergi Pemkot, Provinsi dan Pusat sehingga hadir RPH moderen. Ini adalah langkah yang harus kita jaga mohon teman Pemkot jangan anggap bukan kita yang bangun ini dari uang Rakyat,” ucapnya.

Baca Juga :  Plt Gubernur Sulsel Izinkan Shalat Tarawih Berjamaah di Masjid

“Tadi Pak Wali laporkan tahun ini sudah siapkan anggaran pembebasan lahan.
Provinsi lebih dulu siapkan Rp 17 miliar. Eranya sekarang kurangi bicara perbanyak kerja,” tambahnya.

Sementara itu, Kadis Peternakan Kesehatan Hewan (DPKH) Sulsel Abdul Muas mengatakan RTH moderen tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Termasuk, ruang utama yang cukup luas dan tempat penampungan sapi sebanyak 100 ekor.

Baca Juga :  Diinisiasi BI, Gubernur Sulsel Kukuhkan TP2DD di 24 Kabupaten dan Kota

“RTH ini dibangun tiga unit sudah dibangun, ini bangunan utama 1200 meter dilengkapi fasilitas moderen. Selanjutnya fasilitas penunjang lain ada kandang penampungan 100 ekor. Ada pengelolaan limbah moderen sehingga tidak menganggu lingkungan,” ujarnya.

  • ANDI KHAERUL