Ganjil Genap di Bogor, 2 Jam sudah 45 Kendaraan Diputar Balik

Hari kedua pemberlakuan ganjil genap di Bogor (Foto: Sachril/detikcom)

BERITA.NEWS, Bogor – Pemerintah Kota Bogor menerapkan sistem ganjil genap kendaraan bermotor di Kota Bogor.

Kapolresta Bogor Kombes Susatyo Condro Purnomo menyebut sekitar 45 kendaraan diputarbalikkan selama 2 jam di hari kedua pemberlakuan kebijakan ini.

“Hari ini, hari kedua penerapan, ketika kemarin itu diberlakukan 1 jam, itu hampir 100 kendaraan dari Gerbang Tol Bogor ini yang kami putarbalikkan. Nah sekarang ini sudah berjalan hampir 2 jam, baru sekitar 45 kendaraan,” kata Kombes Susatyo, di sekitar Gerbang Tol Bogor I, Kota Bogor, Minggu (7/2/2021).

Susatyo menambahkan pemberlakuan ganjil genap di Bogor untuk mengurangi aktivitas warga cukup efektif. Dia pun mencontohkan jumlah pengunjung di tempat kuliner di Kota Bogor menurun drastis usai diberlakukan ganjil genap Bogor ini.

“Dan untuk pusat-pusat wisata kuliner, itu juga menurun signifikan. Sebagai contoh di Kebun Raya Bogor yang sehari bisa 1.000, kemarin hanya sekitar 400 pengunjung,” lanjutnya, dikutip dari detikcom.

Dia menerangkan puncak keramaian pengunjung yang datang ke Kota Bogor diperkirakan terjadi sekitar pukul 11.00 WIB jika berkaca pada pemberlakuan ganjil genap Bogor hari pertama kemarin. Susatyo mengatakan petugas akan tetap berjaga agar bisa menekan laju penyebaran COVID-19.

“Kalau kita lihat kemarin, itu bisa 11 ribu (kendaraan sekitar pukul 11.00 WIB). Kemarin itu hanya sekitar 7.000-an. Mudah-mudahan hari ini kita akan ukur per jam kita akan ukur bagaimana keluar dari pintu tol Bogor ini,” ucapnya.

“Dan untuk penindakan, selain yang statis di 6 titik sekat dan 7 checkpoint, kami juga masih melakukan penindakan pada pukul 23.00 WIB (kemarin) malam. Pada 23.00 WIB, tim mobile kami masih menangkap, melakukan penindakan dengan pelanggaran protokol kesehatan dengan 10 kendaraan pada pukul 23.00 WIB dan kami berikan sanksi pelanggaran. Ada 2 cafe yang masih buka di atas jam 20.00 WIB,” tandas dia.

Terpantau di Gerbang Tol Bogor I ruas Jagorawi, sekitar pukul 10.18 WIB, petugas gabungan dari polisi, Satpol PP, dan TNI masih melakukan penyekatan untuk kendaraan yang menuju Kota Bogor. Hari ini, kendaraan ganjil diperbolehkan melintas, untuk yang genap diputarbalikkan.

Petugas akan menanyakan tujuan pengendara yang berplat genap dan meminta KTP dan bukti tujuannya. Bila memiliki kebutuhan mendesak atau ingin pulang, dipersilahkan melanjutkan perjalanan. Namun bila tidak, pengendera berplat genap diputarbalikkan.