Jembatan Putus Akibat Longsor, Dua Desa di Pinrang Terisolir

Jembatan Penghubung dua Desa di Pinrang Putus. (Istimewa).

BERITA.NEWS, Pinramg–Sebuah jembatan gantung sepanjang 50 meter yang menghubungkan dua Desa yakni Desa Bakaru dan Desa Kariango Letta, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang terputus, Sabtu 6 Februari 2021.

Informasi yang dihimpun, jembatan gantung itu terputus disebabkan adanya longsor di sejumlah titik. Akibat dari kerusakan parah itu, akses di daerah tersebut tidak dapat dilalui sehingga membuat dua Desa terisolir.

Diketahui, jembatan itu merupakan satu satunya akses keluar masuk warga untuk menuju ke kota Kecamatan, akibat kondisi itu untuk sementra warga desa Kariango tidak bisa berbuat apa-apa.

Salah seorang pemuda Desa Kariango, Musriadi mengatakan, runtuhnya jembatan akibat hujan deras yang menyebabkan longsor di sejumlah titik termasuk di sekitar jembatan tersebut.

Baca Juga :  Usai Dilantik, Adnan-Kio Ziarah ke Makam Ichsan Yasin Limpo

“Kemarin intensitas hujan cukup tinggi kami menduga jembatan itu ambruk bukan hanya faktor alam, tetapi kondisi jembatan yang sudah tua ” kata Musriadi

Lebih lanjut, Musriadi yang juga Aktivis Ikatan Pelajar Mahasiswa Letta (IPMAL) mendesak pemerintah segera melakukan penanganan. Mengingat jembatan itu merupakan jalur utama yang menghubungkan antara desa.

“Ini merupakan lajur utama perekonomian warga khusus mayarakat Desa Kariango, yang setiap hari dilalui untuk memenuhi keperluan dan kebutuhan mereka,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pinrang Awaluddin yang dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Ia mengatakan, pihaknya sementara melakukan survei di lokasi untuk mengetahui seberapa besar kerusakan dari bencana itu.

Baca Juga :  Tiga Kantor Hukum Siap Kawal Nurdin Abdullah di KPK

“Tim sudah dilokasi mendata apa saja kerusakan jembatan itu,” singkatnya.

Diketahui, jembatan gantung tersebut terakhir direnovasi pada 2019 lalu, namun pada bagian papan saja, namun untuk tali sling jembatan belum pernah dilakukan penggantian.(June)