Sulsel Terima Ambulans dan Damkar dari Ehime Jepang, Ongkos Kirim Rp 30 Juta per Kontainer

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah saat terima hibah ambulans dan Damkar.

BERITA.NEWS, Makassar – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) menerima 13 unit ambulans dan Damkar dari Ehime Jepang, yang diserahkan langsung perwakilan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) secara virtual di Gedung Karaeng Pattingalloang, Gubernuran, Jumat (5/2/2021).

“Hari ini kita dapat berkah yang sudah dilakukan kerjasama sejak tahun 2009, yaitu bantuan Damkar dan ambulans, jumlah 13 unit dan akan menyusul lagi 21 unit akan dikirim secara bertahap,” beber Nurdin.

Dari segi keuangan, Damkar dan ambulans ini menguntungkan bagi Pemprov Sulsel. Sebab selain tidak dibayar, biaya masuk di Indonesia juga hanya membayar ongkos pengiriman sebanyak Rp 30 juta per satu kontainer.

Baca Juga :  Pemprov Sulsel Terima Pengharapan, Plt Gubernur: Ini Untuk Nurdin Abdullah

“Satu kontainer itu biayanya Rp 30 juta, apalagi biaya masuk juga tidak ada dan ini kan hibah. Kita cuma membayar ongkos (kirim). Ini tentu lebih hemat dari segi anggaran, tapi tidak berarti layanan pada masyarakat itu harus terhenti,” ujarnya.

Menurutnya, pembiayaan tersebut meringankan beban APBD. Sehingga diharapkan seluruh proses administrasi bisa lebih cepat, sehingga tidak menyulitkan pemberi hibah untuk menampung Damkar dan ambulans.

Baca Juga :  Naoemi Octarina Ikuti Syukuran 41 Tahun Dekranas Secara Virtual

“Ini udah secara resmi penyerahan dihadiri Dubes Jepang, dari Presiden Toyota Cocy maupun Toyota Ehime, Gubernur Ehime tentu ini akan semakin memperluas lagi kerjasama kita, dan ini suatu hal yang menggembirakan pada kita,” pungkasnya.

  • ANDI KHAERUL