Pemprov Sulsel Mulai Seleksi 24 Pemda Penerima Bantuan Keuangan Rp 500 Miliar

Kepala Bappelitbangda Junaedi (BERITA.NEWS/Andi Khaerul)

BERITA.NEWS, Makassar – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sulsel Junaedi menyebutkan mulai menyeleksi pemerintah daerah (Pemda) yang akan jadi penerima bantuan keuangan daerah.

Saat ini, untuk anggaran tahun 2021 Pemprov Sulsel menyiapkan sebesar Rp 500 miliar, rencananya akan dibagikan kepada daerah-daerah yang membutuhkan bantuan pembiayaan program.

“Sementara diidentifikasi. Iya kita lagi melakukan seleksi daerah-daerah yang memang akan ya artinya secara kebutuhan ya kan selalu berbicara begitu pak gubernur, secara kebutuhan itu sangat penting dalam rangka kebangkitan ekonomi,” ucapnya, Kamis (4/2/2021).

Baca Juga :  Dianggarkan Rp 24 Miliar di 2021, Proyek Masjid 99 Kubah Ditawar 7 Perusahaan

Edy, sapaan akrab Junaedi mengatakan bantuan keuangan tahun ini Rp 500 miliar mengalami penurunan dibanding tahun 2020 lalu sebesar Rp 600 miliar lebih. Agar mendapat alokasi tersebut, pembangunan musti sesuai 5 sasaran program Pemprov Sulsel.

“Iya, kan itu yang saya katakan, kan memang persyaratannya sudah terpenuhi. Tapi kita melihat dengan keterbatasan alokasi yang hanya kurang lebih 600 miliar tahun 2020 kemarin dan Rp 500 M di 2021 ini ya kita lihat skala prioritas,” ujarnya.

Ada beberapa daerah yang tidak mendapat alokasi anggaran di tahun 2020.

Baca Juga :  Pemprov Sulsel Terima Pengharapan, Plt Gubernur: Ini Untuk Nurdin Abdullah

“Jadi itu sudah masuk prioritas tapi skala prioritas lagi kita lihat nah ternyata yang skala prioritas ini sudah mengakomodir dan sejumlah alokasi yang ada sehingga Palopo tetap prioritas karena kan Palopo hanya mau bikin eh kolam renang iya. Iya,” pungkasnya.

– ANDI KHAERUL