Lantik Pengurus KONI Bantaeng, Ini Pesan Ellong Tjandra

Ketua KONI Sulawesi Selatan, Ellong Tjandra. (IST)

BERITA.NEWS, Bantaeng– Pengukuhan dan pelantikan pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bantaeng periode 2020-2024 resmi dilaksanakan hari ini.

Pelantikan tersebut berlangsung di Gedung Balai Kartini Kabupaten Bantaeng. Acara tersebut berlangsung dengan standar protokol kesehatan secara ketat, dengan mengatur jarak, memakai masker serta mencuci tangan menggunakan hand sanitizer atau air.

Pengukuhan dan pelantikan itu dilakukan oleh Ketua Umum KONI Provinsi Sulsel, Ellong Tjandra dan ditandai dengan penyerahan bendera pataka KONI dan pemasangan pin KONI secara simbolis kepada ketua KONI Kabupaten Bantaeng terpilih Lukman Harun.

Dalam pelantikan ini turut dihadiri Bupati Kabupaten Bantaeng bersama unsur forkopinda serta pengurus cabang olah raga setempat.

Ketua KONI Sulsel, Ellong Tjandra mengingatkan bahwa keterbatasan pembinaan olah raga disaat pandemi covid-19 ini bukanlah halangan dalam membentuk atlet berprestasi.

Ellong menitipkan harapan kepada pengurus KONI agar keterbatasan ini dijadikan tantangan dalam bekerja secara optimal, untuk memajukan prestasi olah raga didaerahnya.

“Sebab kita tahu, Bantaeng pernah menjadi penyelenggara Porda ke XV tahun 2014 lalu, dan bantaeng menempati terbaik kedua lho setelah Makassar. Itu adalah marwah bantaeng yang harus dipertahankan,” katanya, Selasa (2/2/2021).

Menurutnya, rencana penyelenggaraan porprov (pekan olahraga Provinsi) ke XVII tahun 2022 di kabupaten Sinjai-Bulukumba yang diketahui merupakan tetangga Bantaeng justru memberi banyak kemudahan bagi bantaeng untuk mengukir prestasi. Apalagi diwaktu jeda hampir 2 tahun ini masih memberikan peluang besar dalam mempersiapkan atlet unggul.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Bantaeng Lukman Harun mengungkapkan komitmennya dalam menjalankan amanah untuk memajukan olah raga di Bantaeng dengan menggenjot program kerja jangka panjang menghadapi porprov 2022 dengan membawa bantaeng sebagai juara.

“Setelah melakukan evaluasi internal, masih ada waktu bagi kami menggenjot program kerja dalam membina atlet yang disiapkan berlaga pada porprov nantinya,”terang dia.

Lukman berkali—kali menuturkan akan membentuk pengurus yang solid dan bersinergi kepada seluruh stakeholder yang bisa mensupport program kerja KONI dalam membentuk atlet berprestasi serta berkualitas yang bisa membawa nama harum daerahnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kabupaten Bantaeng DR Ilhamsyah Azikin mewanti-wanti kepada pengurus KONI yang dilantik ini agar tak hanya membangun prestasi olah raga untuk daerahnya, Bantaeng juga butuh prestise yang membangun citra dan kebanggan daerah karena tuntutan masyarakat sedemikian tinggi atas KONI.

“Saya berpesan agar tak melupakan menjaring atlet sesuai dengan bakat dan minat masing-masing, secara berjenjang dan ber generasi yang diawali dari pembinaan usia dini,” ungkapnya.