Rektor UNM Turunkan Tim Trauma Healing Atasi Trauma Korban Gempa Sulbar

Rektor UNM, Prof Husain Syam Salurkan Bantuan Logistik dan Turunkan Tim Trauma Healing untuk Korban Gempa Sulbar. (Istimewa).

BERITA.NEWS, Makassar–– Pasca bencana gempa bumi yang melanda di dua kabupaten yakni Mamuju dan Majene Sulawesi Barat (Sulbar) akhirnya memaksa ribuan orang harus tinggal ditenda pengungsian. Tentunya hal tersebut menjadi salah satu trauma tersendiri bagi para korban gempa.

Menanggapi hal itu, Rektor UNM Prof Husain Syam, akhirnya berinisiasi dengan menurunkan Tim Trauma Healing dari Fakultas Psikologi UNM. Tim tersebut dipimpin langsung oleh Dekan Psikologi UNM Dr Daud Muhammad.

“Kami akan berikan kegiatan aspek sikologisnya di semua umur untuk menghilangkan trauma, sebanyak 2 tim akan kami berangkatkan tapi untuk hari ini hanya ada satu tim yang turun, kemudian besoknya ada tim kedua akan turun dan seminggu kedepan akan berada dilokasi pengungsian,” kata Daud kepada awak media Jumat 29 Januari 2021.

Sementara, Rektor UNM, Prof Husain Syam yang dikonfirmasi menjelaskan, sejak awal UNM telah mencanankan program peduli UNM untuk korban gempa Mamuju dan Majene di Sulawesi Barat.

Baca Juga :  Mudahkan Pengaduan Masyarakat, Polri Launching Aplikasi Dumas

“Dari awal saat bencana menimpa kami di UNM telah membuat program Peduli UNM dengan begitu tim tersebut yang akan menyediakan dan memberikan berbagai paket bantuan,” tutur Prof Husain.

Selain itu, kata Prof Husain, pasca beberapa hari setelah gempa, pimpinan UNM beserta jajaran langsung turun menyalurkan bantuan kebutuhan pokok untuk para pengungsi korban gempa di Sulbar.

“Beberapa pimpinan UNM sudah kami kerahkan juga untuk turun langsung memberikan bantuan untuk saudara kita, dan kami juga sudah berjanji akan menjadi bagian dari Tim Trauma Healing untuk memulikan semangat dan jiwa mereka, karena itu bagian yang sangat penting untuk mereka bisa melanjutkan kehidupan pasca gempa,” ungkap Guru besar kelahiran Polman itu.

Baca Juga :  Pelaku Pemukulan Kaprodi Ilmu Komunikasi UMI Terancam Sanksi Non Aktif

Adapun paket bantuan yang dilayangkan kampus UNM bagi korban gempa Sulbar yakni:

1.Pembebasan pembanyaran uang kuliah tunggal (UKT) bagi mereka mahasiswa UNM korban gempa.
2. Pemberian bantaun sembako dan kebutahan tangkap darurat lainnya berupa tenda dan lainnya, hasil donasi dari semua eleman UNM dan ditambah dengan bantuan pribadi Rektor UNM Prof Husain Syam (PHS), dan
3. Menurunkan Tim trauma healing secara berkalah.

Diketahi, di lokasi pengunsian Tim Trauma Healing akan dibantu oleh Tim penghubung Kerukunan Keluarga Mandar (KKMSB) DPW Sulsel dan Ikatan Sarjana Nahdatul Ulama (ISNU) PW Sulsel.(*)