Edarkan Uang Palsu, Buruh Harian Lepas di Parepare Ditangkap Polisi

Uang Palsu yang berhasil diamankan Polsek Ujung Polres Parepare. (Istimewa).

BERITA.NEWS, Parepare–Seorang pria berinisial AS 37 tahun warga Kelurahan  Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan terpaksa harus berurusan dengan polisi lantaran ketahuan telah mengedarkan uang palsu.

AS yang berprofesi sebagai buruh harian lepas diamankan oleh jajaran Reskrim Polsek Ujung Polres Parepare, pada Senin kemarin 25 Januari 2021 sekira pukul 17.00 WITA.

Kapolres Parepare, AKBP Welly Abdillah mengatakan, AS diamankan di kediamannya usai dilakukan serangkaian penyelidikan hingga terbukti mengedarkan uang palsu.

“Pelaku sudah diamankan setelah kedapatan mengedarkan uang palsu, pelaku kami bekuk di rumahnya,” kata AKBP Welly kepada wartawan, Selasa 25 Januari 2021.

Baca Juga :  Ini Sejumlah Keterlibatan Nurdin Abdulah di Kasus Dugaan Suap Dibongkar KPK

Welly menerangkan, kasus tersebut awalnya terungkap saat salah seorang warga menjadi korban hingga akhirnya melapor ke polisi.

“Awalnya ada warga curiga setelah pelaku membelanjakan uang pecahan Rp 100 ribu di kiosnya. Jadi korban ini c
memeriksa uang pelaku yang digunakan untuk membayar sebungkus rokok di kiosnya,” kata Welly

Mantan Kapolres Barru itu menambahkan, dari penyelidikan awal, pelaku mengaku telah mengedarkan  dan membelanjakan uang palsu di 34 toko atau Kios di Kota Parepare.

“Kurang lebih 20 hari dia mengedarkan namun pengakuannya masih kita dalami,” tuturnya.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan, lanjut Welly, yakni 22 lembar uang palsu pecahan Rp 100 ribu siap edar dan 27 lembar pecahan Rp 100 ribu belum terpisah, serta alat printer yang diduga digunakan mencetak uang palsu.

Baca Juga :  Tiga Kantor Hukum Siap Kawal Nurdin Abdullah di KPK

“Saat ini pelaku bersama barang bukti telah diamankan di Mapolsek Ujung guna menjalani proses hukum lebih lanjut,” terang Mantan Kasubdit Gakkum Polairud Polda Sulsel. (*)