Begini Cara Babinsa Sosialisasikan Prokes Covid-19 kepada Warga di Demak

Seorang Babinsa Kodim 0716/Demak saat melakukan sosialisasi pentingnya protokol kesehatan kepada warga di Demak, Jawa Tengah. ()

BERITA.NEWS, Demak – Protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun pada air mengalir, dan menjaga jarak) merupakan wujud dari penerapan disiplin protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah untuk ditaati oleh seluruh masyarakat di saat pandemi seperti sekarang ini. Hal ini agar masyarakat terbebas dari virus corona (Covid-19).

Pesan ini sering kali disampaikan para Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0716/Demak Jawa Tengah dalam melaksanakan tugas pokok di tengah masyarakat di wilayah binaan. Imbauan itu dilakukan melalui komunikasi sosial (Komsos) dengan penuh humanis dan komunikatif.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Babinsa Desa Pundenarum anggota Koramil 13/Karangawen Kodim 0716 Demak Sertu Ahmad Soleh, ketika melaksanakan komunikasi sosial dengan warga di wilayah binaan dengan mengajak warga untuk terus berlaku disiplin terhadap protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19, Senin (25/1/2021).

Baca Juga :  Pilkades Serentak Digelar September Mendatang, Begini Persiapan Dinas PMD Sinjai

“Sebagai Babinsa yang setiap saat bertemu dengan warga, tentu harus bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga yang ada di desa binaan,” kata Sertu Ahmad Soleh.

Menurutnya, situasi pandemi saat ini, kegiatan yang sering dilakukan saat melaksanakan komsos bersama warga di wilayah binaan yaitu menyampaikan imbauan dan anjuran tentang pentingnya disiplin protokol kesehatan Covid-19.

“Kita sampaikan bahwa saat ini obat yang mujarab agar terhindar dari covid-19 yaitu disiplin terhadap protokol kesehatan, terutama 3M,” jelasnya.

Begitu pula yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 12/Mranggen Kodim 0716 Demak, Sertu M. Istiyadi saat komsos bersama para pemuda membahas tentang pendisiplinan protokol kesehatan dan kamtibmas di wilayah binaan di Desa Brumbung Rt 5 /2 Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Senin (25/1/2021).

Dalam komsos itu, selain mengimbau terkait kamtibmas kepada warganya, Sertu M. Istiyadi juga mengajak untuk memerangi dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona, dengan bersama-sama mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Baca Juga :  Jasa Kurir di Parepare Semakin Menjamur saat Pandemi

Ia juga mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, selaku Babinsa dirinya harus aktif anjangsana ke desa binaan, guna terus memberikan imbauan serta sosialisasi kepada warga agar tidak panik dan meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya corona.

“Sampai detik ini, imbauan pentingnya disiplin protokol kesehatan selalu kita sampaikan kepada warga. Sehingga, upaya pemutusan mata rantai penyabaran virus tersebut bisa berlangsung maksimal,” pungkasnya.

  • YON