Begal Sadis yang Tebas Emak-emak Gunakan Parang di Makassar Ditembak Polisi

Pelaku membegal seorang IRT di Makassar terekam CCTV. (Foto: Screenshot CCTV)

BERITA.NEWS, Makassar–Polisi akhirnya berhasil menangkap begal sadis yang menebas seorang ibu rumah tangga (IRT) saat bersama anaknya di Jalan Meranti, Kecamatan Panakkukang, Makassar, pada Rabu 6 Januari 2021 lalu.

Pelakunya berinisial AL 18 tahun dan MA 25 tahun. Mereka ditangkap oleh Polsek Panakukkang di back up Resmob Polda Sulsel di dua lokasi yang berbeda.

Kapolsek Panakukkang, Kompol Jamal Fathurrahman mengatakan, AL dan MA merupakan begal sadis yang menebas seorang ibu rumah tangga menggunakan sebilah parang yang terkam CCTV dan viral di sosial media.

“Pelaku telah melakukan pemarangan terhadap korban karena mempertahankan tas miliknya ketika pelaku hendak mengambilnya. Aksi tersebut sempat viral karena terekam CCTV pada waktu kejadian,” kata Kompol Jamal dalam keterangannya, Senin 25 Januari 2021.

Jamal menerangkan, kedua pelaku yang berinisial AL dan MA berhasil ditangkap di dua lokasi. AL ditangkap di Jalan Kandea, Kecamatan Tallo, pada Kamis 21 Januari 2021 malam. Kemudian, MA ditangkap di Jalan Jenderal Sudirman Kota Makassar pada Sabtu 23 Januari 2021.

Baca Juga :  Tim Gabungan Bongkar Arena Judi Sabung Ayam Perbatasan Bulukumba - Bantaeng

“Keduanya berhasil kami amankan di dua lokasi. Satu diantara mereka mencoba melawan dan melarikan diri dan tidak mengindahkan tembakan peringatan. Sehingga, terpaksa dilumpuhkan dengan tembakan sebanyak dua kali di kakinya,” papar Jamal.

Dalam menjalankan aksinya, lanjut Jamal, kedua pelaku berbagi tugas, AL bertindak sebagai joki yang melakukan pemarangan dan menarik tas kemudian MA yang membawa motor.

“Berperan sebagai joki itu AL dengan melakukan pemarangan dan menarik tas korban, sementara MA yang membawa kendaraan untuk membonceng AL,” paparnya.

Baca Juga :  NA Ditahan KPK, Ketua DPW PKB Sulsel: Saya Prihatin dan Tidak Pernah Menyangka

Atas perbuatannya, kini kedua pelaku bersama barang bukti sebilah parang, sepeda motor dan barang korban, telah diamankan di Mako Polsek Panakkukang untuk proses hukum lebih lanjut.

Sebelumnya, seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) bernama Citra Dewi, 37 tahun, menjadi korban aksi keganasan begal di Kawasan Panakukkang Kota Makassar.

Aksi keganasan begal tersebut sempat terekam kamera CCTV tempat korban tinggal bersama anaknya yang berusia 4 tahun.

Dalam rekaman CCTV itu, emak-emak tersebut nyaris terputus tangannya saat ditebas parang oleh begal tersebut pada Kamis 7 Januari 2021 sekira pukul 23.36 Wita.(sup)