Melawan Saat Dibekuk, Dua Curanmor dan Jambret di Bulukumba Terpaksa Dilumpuhkan Petugas

Pelaku Curanmor dan Jambret di Bulukumba Terpaksa Dilumpuhkan Timah Panas
Pelaku Curanmor dan Jambret di Bulukumba Terpaksa Dilumpuhkan Timah Panas

BERITA.NEWS Bulukumba – Pelaku Pencurian motor (Curanmor) berinisial AS dan Jambret inisial RH terpaksa dilumpuhkan timah panas bagian lutut lantaran berusaha kabur saat proses penyergapan oleh Sat Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Bulukumba.

Kasat Reskrim Polres Bulukumba, AKP Bayu mengatakan pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) inisial AS, 40 tahun, alamat Jalan Ahmad Yani. Sementara pelaku jambret ponsel inisial RH, 27 tahun, alamat Jalan Dato Tiro.

“Kedua pelaku mencoba melawan ketika dilakukan pengembangan. Sehingga petugas mengambil tindakan tegas dan terukur,”ungkap AKP Bayu di Mapolres Bulukumba, Rabu (20/1/2021)

Bayu menjelaskan dua garong tersebut tertangkap secara terpisah lantaran kedua pelaku berbeda laporan polisi (LP), AS merupakan pelaku curanmor. Sedangkan RH adalah pelaku jambret. Semuanya tertangkap pada Selasa 19 Januari 2021.

Kemudian, Bayu menerangkan awalnya anggota Satuan Reskrim Polres Bulukumba menangkap AS di Kabupaten Bantaeng.

Baca Juga :  KPK Tetapkan Nurdin Abdullah, ER dan AS Sebagai Tersangka

Saat beraksi, pelaku berhasil menggasak satu sepeda motor tepat di depan Warkop Kopi Rakyat, Jalan Sam Ratulangi, Kecamatan Ujung Bulu, Kota Bulukumba, pada Desember 2020 lalu.

Usai melancarkan aksinya, pelaku kemudian melarikan diri ke Kabupaten Bantaeng menggunakan sepeda motor hasil curiannya tersebut.

“Pelaku memang hendak ke Kabupaten Bantaeng. Dari situ timbul niat pelaku untuk melakukan aksinya ketika melihat korban sedang tertidur pulas. Selain motor, AS juga mengambil ponsel korban,” ungkap Bayu.

Sedangkan RH yang merupakan pelaku jambret ponsel dengan tiga lokasi kejadian, kata mantan Kasat Lantas Polres Takalar ini, penangkapannya berdasarkan hasil pengembangan dari salah seorang penada barang curian.

“Penada ini mengaku jika ponsel yang dibeli dari seorang inisial RH dari situ kita melakukan serangkaian penyelidikan maupun pengembangan yang mengarah ke pelaku tersebut,” beber dia.

Baca Juga :  Ditetapkan Tersangka, Nurdin Abdullah: Saya Mohon Maaf

Dirinya menambahkan setelah mendapat informasi. Petugas selanjutnya mendatangi kediaman RH tepat di Jalan Dato Tiro, Kecamatan Ujung Bulu. Di sana pelaku berhasil tertangkap.

“Pelaku jambret ini sudah beraksi dengan tiga TKP, pertama di Jalan Cendana, kemudian dua kali di Jalan M Noer. Saat itu pelaku melihat korban menuju Caile sambil menggunakan ponsel di atas motor sehingga pelaku dengan muda menjambret ponsel korban yang merupakan perempuan,” tambah Bayu.

 

IL