Rapat PT LIB dan Klub Sepakat Liga 1 2020 Dihentikan

PT Liga Indonesia Baru (LIB)

BERITA.NEWS, Jakarta – Klub meminta PT Liga Indonesia Baru untuk fokus merancang musim 2021 dan melupakan musim 2020 yang baru berjalan tiga pekan.
Pemilik klub Liga 1 2020 dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar rapat virtual membahas nasib kompetisi musim 2020, yang hingga kini belum jelas apakah bisa digelar Februari atau tidak.

Yang pasti, mayoritas klub sudah angkat tangan tentang rencana memutar kembali musim 2020 pada Februari ini. Apalagi izin dari pihak kepolisian hingga kini belum juga didapatkan LIB atau PSSI.

Dari rapat tersebut, dipastikan bahwa klub ingin musim 2020 dihentikan, dan LIB mulai sekarang fokus merancang bagaimana kompetisi 2021 digulirkan, pada Maret mendatang, hingga November 2021.

Musim 2020 baru berjalan tiga pekan dan harus terhenti karena pandemi virus corona, dan mayoritas merasa sudah tidak relevan untuk melanjutkan musim tersebut, karena hingga kini belum ada kepastian.

Baca Juga :  Liga Spanyol: Barcelona Tidak Menang di Nou Camp

“Pada umumnya ingin membuat kompetisi musim 2020 dihentikan, dan kira-kira ingin membuat musim mulai yang 2021. Pada intinya itulah yang diinginkan dari pemilik klub Liga 1 dan Liga 2 pada pertemuan tadi,” ujar direktur operasional LIB, Sudjarno.

Beberapa klub juga meminta supaya pada Liga 1 2021 nanti, tidak ada sistem degradasi. Awalnya PSSI memang sudah menetapkan, bahwa tidak ada degradasi untuk musim 2020, namun klub ingin hal itu tetap berlaku jika musim diubah ke 2021.

Dalam rapat tersebut juga dijelaskan upaya LIB yang telah mengajukan paket vaksin untuk Covid-19, dan nantinya akan diberikan kepada klub-klub Liga 1. Hal ini salah satu upaya agar kompetisi berjalan lancar.

Baca Juga :  Tinggalkan PSM, Leo Guntara Gabung dengan Borneo FC

Perlu dicatat, bahwa hasil rapat ini masih bakal diteruskan kepada PSSI untuk diambil keputusan. PSSI sudah merencanakan rapat Komite Eksekutif (Exco) pada 20 Januari mendatang, sekaligus menetapkan sikap mereka soal kompetisi.

Sebelumnya, musim 2020 yang sudah berjalan tiga pekan menempatkan Persib Bandung sebagai pimpinan klasemen dengan sembilan poin hasil tiga pertandingan. Persib melalui Robert Alberts, terakhir juga menyebut bahwa sudah tidak mengharapkan musim 2020 dilanjutkan.

Sumber: Goal.com