Batalyon B Pelopor Kirim 1 SST untuk Bantu Korban Gempa di Sulbar

Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulsel memberangkatkan tim kemanusiaan yang berjumlah 1 SST personel untuk membantu korban Gempa Bumi di Mamuju Sulawesi Barat.

BERITA.NEWS, Makassar–Gempa bumi berkekuatan 6,2 Magnetudo yang melanda Mamuju, Sulawesi Barat pada Pukul 02.28 Wita, mengakibatkan sejumlah bagunan rubuh hingga menimbulkan korban jiwa.

Menyikapi hal tersebut, jajaran Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulsel kembali memberangkatkan tim kemanusiaan yang berjumlah 1 SST personel berkemampuan SAR bertolak menuju Provinsi Sulawesi Barat, Jumat 15 Januari 2021.

Misi Kemanusiaan tersebut dipimpin langsung Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis dan beranggotakan personel gabungan dari Batalyon A, Batalyon B, Batalyon C Pelopor serta Detasemen Gegana.

Sebelum pelaksanaan apel gabungan seluruh personel yang melaksanakan BKO ke Sulbar terlebih dahulu mengikuti Swab Test antigen untuk memastikan seluruh personel yang akan BKO ke Sulbar aman dari virus covid-19.

Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis mengatakan, bahwa pihaknya nanti di Sulbar akan membantu korban gempa dengan membersihkan sisa-sisa bangunan yang roboh dan membantu dalam hal penyediaan makanan dan air minum.

“Di Sulbar nanti, tugas kita membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah Gempa, kita akan membantu membersihkan sisa-sisa bangunan yang roboh dan juga mobil dapur lapangan akan difungsikan untuk menyediakan makanan serta mobil water treatment juga difungsikan untuk menyediakan air siap minum untuk para korban gempa,” kata Anis

Baca Juga :  Satres Narkoba Polres Pinrang Amankan Warga Lanrisang Bawa Sabu

Orang nomor satu di Kesatuan Brimob Polda Sulsel itu juga mengatakan hal ini bukanlah hal yang asing lagi, sebab pihaknya sudah sering melaksanakan misi kemanusiaan yang seperti itu.

“Kegiatan seperti ini sudah lumrah kita lakukan dalam melaksanakan mis seperti ini, olehnya itu kegiatan seperti ini kita lakukan semata-mata untuk kemanusiaan,” jelasnya.

Sementara itu, Komandan Batalyon B Pelopor Kompol Sapari mengatakan, bahwa pihaknya telah mengirimkan 1 SST anggota berkemampuan SAR beserta kendaraan khusus dapur lapangan yang nantinya akan membantu proses evakuasi korban gempa di Mamuju Sulawesi Barat.

“Sore ini Kami berangkatkan 1 SST Personel berkemampuan SAR menuju ke Mamuju Sulbar, Batalyon B Pelopor nantinya akan bergabung dengan personel Yon A, Yon C, Gegana dan Makosat Brimob dengan kekuatan 2 SSK sesuai dengan motto Brimob Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan, mereka akan melaksanakan misi kemanusiaan yaitu dengan membantu proses pertolongan dan evakuasi Korban yang masih dalam pencarian,” ujar Sapari

Baca Juga :  Kapolres Pelabuhan Makassar Sebut Dua Kecamatan ini "Pasar Gemuk" Narkoba di Wilayahnya

Selain memberangkatkan anggota berkemampuan SAR, Batalyon B Pelopor juga memberangkatkan kendaraan khusus dapur lapangan yang nantinya akan memberikan pasokan makanan kepada warga yang mengungsi akibat musibah gempa bumi.

“Kami juga memberangkatkan Unit Dapur Lapangan lengkap dengan juru masak dan crew yang nantinya akan membantu pasokan makanan bagi warga mengalami musibah, ini sebagai wujud bhakti brimob untuk masyarakat,” tutur Sapari

Sapari berpesan kepada personel yang melaksanakan misi kemanusiaan untuk melaksanakan tugas dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab.

“Untuk mengeinplementasikan bhakti brimob untuk masyarakat Saya minta kepada seluruh personel laksanakan tugas ini dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab sehingga ini akan menjadi ladang ibadah buat kita semua,” terang Sapari.(Wahyu Adi Saputra)