Milad DDI Mangkoso, Bupati Barru Letakkan Batu Pertama GOR DDI Putri

BERITA.NEWS, Barru – Milad ke-82 Pesantren DDI Mangkoso Barru dirangkaikan dengan beberapa kegiatan, Senin (11/1/2021).

Kegiatan itu di antaranya berupa peletakan batu pertama gedung olahraga (GOR) di lokasi santri putri, wisuda sarjana ke-19, dan beberapa kegiatan lainnya.

Milad ke-182 DDI Mangkoso ini dihadiri Bupati Barru Ir H Suardi Saleh MSi, memenuhi undangan Pimpinan Pesantren DDI Mangkoso Anregurutta Prof DR. Faried Wajdy, LC, MA.

Dalam sambutannya, Bupati Suardi Saleh menyatakan bangga dan rasa syukurnya atas perjalanan panjang pesantren tertua di Barru itu. Menurutnya, 82 tahun adalah sebuah masa yang panjang dalam membangun umat.

“Bahagia dan bangga atas berbagai prestasi dan pencapaian yang dilakukan oleh Pondok Pesantren DDI Mangkoso. Termasuk hari ini, bertemu dua kesyukuran, yaitu; pertama, bersyukur atas milad atau Hari Jadi Pondok Pesantren kita. Dan yang kedua, bersyukur atas kelahiran para sarjana-sarjana baru dari rahim Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) DDI Mangkoso,” kata Bupati.

Baca Juga :  Ibunda Kadis Kominsta Barru Tutup Usia, Bupati Melayat ke Rumah Duka di Makassar

Suardi Saleh juga berkisah tentang peran Anregurutta Ambo Dalle sebagai ulama dan Petta Soppeng selaku umara, keduanya merupakan sosok yang tak terpisahkan atas sejarah berdirinya pondok pesantren ini.

“Keduanyalah yang menjadi asal muasal sekaligus peletak batu pertama pesantren kita. Hal ini menjadi harapan agar Barru selalu menampilkan keharmonisan positif antara umara dan ulamanya,” ucapnya.

Kepada para wisudawan, bupati pun memberi pesan agar selalu memiliki semangat ilmiah sekaligus amaliah.

“Ketahuilah anak-anakku semua, kalian bukan hanya sarjana ilmu, namun juga kalian adalah sarjana agama. Karena itu, tampillah sebagai ilmuwan yang agamawan atau sebagai agamawan yang ilmuwan. Milikilah semangat ilmiah sekaligus amaliah,” nasehat Bupati Barru.

Baca Juga :  Innalillahi, Warga Bojo Barru Jadi Korban Gempa Sulbar

Bupati juga meminta kepada warga pesantren untuk terus memperkuat istighasah dalam berdoa bersama mengharap berhentinya pandemi Covid-19, serta mendoakan agar daerah yang dipimpinnya semakin lebih baik.

Sebelumnya, pagi tadi dilakukan peletakan batu pertama untuk gedung olah raga bagi para santri.

  • MAULANA KARIM