Personel TNI Sosialisasi Prokes di Pasar Mranggen Demak

Petugas TNI dari Koramil 12/Mranggen memeriksa suhu tubuh warga yang akan masuk ke dalam Pasar Mranggen, Demak, Rabu (6/1/2021). ()

BERITA.NEWS, Demak – Di masa pandemi covid-19 yang belum tahu kapan akan berakhir ini, penerapan protokol kesehatan tetap harus diutamakan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, jajaran TNI Kodim 0716/Demak terus melakukan sosialisasi edukasi di berbagai wilayah Kabupaten Demak. Salah satunya dilakukan oleh anggota Koramil 12/Mranggen bersama Satpol-PP dan petugas pasar di Pasar Mranggen, Demak, Jawa Tengah, Rabu (6/1/2021).

Serda Somyani, salah satu anggota Koramil mengatakan bahwa setiap harinya personel dari Koramil 12/Mranggen terus melaksanakan sosialisasi protokol kesehatan (prokes) di Pasar Mranggen, bekerjasama dengan Satpol-PP dan petugas pasar.

Mereka memulai dengan mengukur suhu tubuh para pedagang dan pengunjung di pintu masuk pasar dengan thermogun. Thermogun merupakan alat ukur suhu tubuh dengan metode non kontak atau dilakukan tanpa menyentuh objek yang diukur.

Baca Juga :  Ayo ke Butik "Biel Studio", Hari ini Soft Opening dan Diskon Semua Produk

Selain mengukur suhu tubuh, petugas gabungan ini juga menyisir ke lapak jualan yang berada di dalam pasar. Mereka mengingatkan para pedagang dan pengunjung untuk tetap mengenakan masker dan menjaga jarak aman.

“Dalam sosialisasi di Pasar Mranggen ini, kita ingatkan mereka untuk menerapkan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan menjaga jarak aman dengan orang lain,” ungkap Somyani.

Somyani menambahkan, saat ini pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan yang memperbolehkan masyarakat untuk kembali menjalankan aktivitas atau yang lebih dikenal dengan istilah masa new normal. Hal ini tentu membuat aktivitas di pasar yang merupakan pusat perbelanjaan tak pernah sepi.

Baca Juga :  Sadarkan Masyarakat Taati Protokol Kesehatan, Polres Sinjai Gelar Ops Yustisi

New normal yang merupakan perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19 diterapkan pemerintah untuk menjaga stabilitas ekonomi masyarakat.

“Untuk itu, agar di era new normal ini tidak terjadi lonjakan kasus Covid, diharapkan warga selalu menerapkan 3M di manapun berada. Ayo kita sama-sama bantu pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19,” tandasnya.

  • YON