Banyak Pohon Tumbang, DPRD Makassar Minta Pemerintah Siaga

BERITA.NEWS, Makassar – Intensitas hujan yang mengguyur Kota Makassar cukup tinggi disertai anging kencang yang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang.

Anggota Komisi C DPRD Kota Makassar, Andi Suharmika mengatakan pemerintah harus siaga, mengingat musim hujan yang terjadi diakhir kerap sulit diprediksi.

“Apalagi lagi kita diprediksi 3 hari kedepan ini ada angin kencang ini harus jadi antisipasi Pemkot Makassar,” kata legislator Golkar itu, Minggu (27/12/2020).

Suharmika berujar bentuk antisipasi yang harus digenjot Pemkot Makassar ialah mendata sesegera mungkin dimana saja yang berpotensi pohon akan tumbang.

BMKG sendiri memprediksi curah hujan dan angin kencang yang tinggi bakal terjadi selama 3 hari kedepan.

Baca Juga :  Permata Sulsel Gandeng YDTI Sosialisasi dan Pendampingan Penderita Kusta

Mau tidak mau, kata dia, harus diantisipasi Dinas Lingkungan Hidup.

“Sejak sekarang tidak ada waktu lagi, kalau kita mengkritisi lagi, makan waktu lagi, ini DLH harus turun lapangan langsung begitu laporan BMKG sudah keluar untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,” tegasnya.

“Sejak kemarin saya selalu imbau Pemerintah Kota Makassar ini menjadi perhatian khusus. Jangan dikala banjir, pohon tumbang baru pemerintah memikirkan, ada baiknya pemerintah memikirkan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang merugikan masyarakat. Saya sudah sampaikan beberapa kali itu,” sambungnya.

Baca Juga :  Koramil Mranggen Bagi-bagi Masker di Jalan dan Sosialisasi Prokes

Sementara, ditanya perihal antisipasi adanya tanggungan biaya keselamatan bagi korban sebagimana dalam undang-undang No.32/2004 tentang Pemerintah Daerah Suharmika mengaku tidak mengetahui secara detail.

“Kalau untuk jaminan bila mana ada hal yang tidak diminta tergantung kembali ke manusianya kembali,” paparnya.