DPRD Minta Pemkot Perketat Pengawasan ASN Saat Libur Nataru

BERITA.NEWS, Makassar – Wakil Ketua Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Makassar, Nunung Dasniar meminta Pemerintah Kota Makassar mengawasi ASN agar tidak ada yang keluar kota saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru)

“Jangan masyarakat dilarang kemudian ASN tidak diperketat,” kata Nunung, Selasa (22/12/2020).

Legislator Gerindra itu berujar pembina kepegawaian perlu melakukan pengaturan secara ketat, selektif, dan akuntabel terhadap pemberian cuti selain cuti bersama kepada ASN.

“Termasuk juga keluarga ASN tidak berpergian ke luar daerah selama libur Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Alasan Nunung tersebut diperkuat oleh edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah mengeluarkan Surat Edaran(SE) Nomor 72 Tahun 2020.

Baca Juga :  Koramil Mranggen Bagi-bagi Masker di Jalan dan Sosialisasi Prokes

Dalam SE tersebut diatur soal pembatasan kegiatan berpergian ke luar kota dan pengetatan cuti bagi ASN selama libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Belum lagi, Nunung mengkhawatirkan terjadi lonjakan kasus Covid-19. Mengingat, tren konfirmasi Covid-19 terus naik dalam sepekan terakhir.

Tak hanya itu, antisipasi tersebut telah dilakukan Pemkot Makassar dengan menutup sejumlah tempat wisata jelang Nataru.

Berdasarkan Surat Edaran Nomor: 003.02/431/S.Edar/Kesbangpol/XII/2020 terkait pelaksanaan kegiatan masyarakat dalam menyambut Natal dan Tahun Baru 2021 tertanggal 21 Desember 2020, menyebutkan beberapa tempat wisata yang ditutup yakni, Anjungan Pantai Losari, Lego-Lego, Kanrerong, kawasan Center Poin of Indonesia (CPI), Pantai Tanjung Bayam, Pantai Merdeka, Pantai Akkarena, dan Pantai Barombong.

Baca Juga :  Pegawai Lapas Purwokerto Jalani Tes Urine Antisipasi Narkoba

“Untuk Operasional mal, kafe, restoran dan Rumah Makan, Warkop, hanya diizinkan buka sampai jam 19:00 Wita mulai tanggal 24 Desember 2020 sampai tanggal 3 Januari 2021,” kata Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin dalam surat tersebut.