Dewan Sebut Sulitnya Atasi Banjir Akibat Perencanaan Drainase yang Buruk

BERITA.NEWS, Makassar – Perencanaan Drainase yang buruk menjadi salah satu penyebab banjir yang melanda Kota Makassar setiap tahunnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh, Ketua Komisi C DPRD Kota Makassar, Abdi Asmara berujar banyaknya pengembang perumahan yang hanya membangun namun tak memikirkan solusi air drainase yang baik malah akan memperburuk keadaan.

Wajar saja, kata Abdi areal perumahan jadi area yang gampang terendam banjir. Ia menjelaskan kasus yang terjadi pada 4 Kelurahan di Kecamatan Biringkanaya, dimana perumahan air tersebut hanya berkutat dalam perumahan.

Baca Juga :  Menteri Parekraf, Sandiaga Uno Sebut Air Terjun Bantimurung Gallang Gowa Destinasi Kelas Dunia

“Kenapa, karena tidak ada jalan keluarnya air, sedangkan poros Paccerakkang, Berua, Daya terjadi penyempitan drainase akhirnya kan tidak terhunung ke luar,” paparnya, Selasa (22/12/2020).

Seharusnya, kata dia pemerintah perlu memantau dan menegur pengembang perumahan yang abai dengan hal ini.
Selain itu sungai sebagai ujung dari drainase perlu diperbaiki.

Abdi mengatakan sejumlah kasus terkait banjir diakibatkan pendangkalan sungai.

“Sungai harus selalu dipastikan cukup untuk menampung air dengan volume tinggi,” kata Legislator Demokrat itu.

Baca Juga :  Tekan Angka Pengangguran, PKK Sulsel - PT Pos Indonesia Siapkan Lapangan Kerja

Sekertaris DPC Demokrat Makassar itu berharap, peningkatan drainase mampu menjadi solusi. Pasalnya, sistem drainase di kota Makassar masih belum begitu baik.

“Alasannya beberapa drainase masih belum terhubung. Air hanya berputar dan mengendap sehingga hal ini perlu ditingkatkan dengan menghubungkan drainase tersebut ke saluran utama,” sambungnya.