Apel Pengamanan Nataru, Kapolda Sulsel Serukan Anggota Kedepankan Preemtif dan Preventif Secara Humanis

Apel gelar pasukan TNI-Polri di Makassar dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru

BERITA.NEWS, Makassar–Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020 di Lapangan Karebosi Kota Makassar, Senin 12 Desember 2020.

Turut hadir dalam Apel gelar pasukan tersebut Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah, Kapolda Sulsel Irjen Pol. Merdisyam, Pangdam XIV HSN, Pangkoopsau II, Ketua DPRD Sulsel, Wakapolda Susel, PJU Polda Sulsel, Kapolrestabes Makassar, Kapolres Pelabuhan Makassar, Ketua Jasa Raharja Sulsel, serta instansi terkait.

Sebanyak 2.000 personel gabungan TNI-Polri mengikuti apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Lilin di Lapangan Karebosi. Selain melibatkan TNI dan Polri, gelar pasukan ini diikuti unsur Satpol PP, Damkar Makassar, hingga Basarnas.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka persiapan untuk memantau perkembangan kamtibmas dan kamseltibcarlantas serta melakukan pelayanan terpadu dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah dalam arahannya menuturkan, apel ini digelar sebagai bentuk pengecekan akhir segala persiapan dalam pengamanan Nataru.

“Baik pada aspek personil maupun sarana dan prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya,” kata Gubernur membacakan amanat Kapolri Jenderal Idham Azis terkait Operasi Lilin 2020.

Sementara itu, Kapolda Sulsel Irjen Pol. Merdisyam mengatakan, Operasi Lilin 2020 tersebut akan digelar selama 15 hari mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

“Selama 15 hari kedepan personil gabungan akan memantau kerawanan-kerawanan yang berpotensi terjadi di Sulawesi Selatan,” ujar Merdisyam.

Merdisyam menyebut, Operasi Lilin ini akan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif, secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

“Pengamana kita ini harus mengedepankan kegiatan yang preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Dan pengamanannya kita utamakan di tempat ibadah dan tempat wisata yang tersebar di 24 Kab/Kota yang ada di Sulawesi Selatan,” kata mantan Kapolda Sulawesi Tenggara itu.

Kegiatan apel gelar pasukan tersebut dirangkaikan dengan penyerahan bantuan Polda Sulsel kpd Polrestabes Makassar dan Polres Pelabuhan Makassar serta Penyerahan Bantuan peralatan dari Jasa Raharja kepada Polda Sulsel.  (*)

Comment