Rivaldo: Barcelona Semakin Jelek Saja

Pemain Barcelona Lionel Messi terlihat kecewa, saat bertanding melawan Bayern Munich pada perempat final Liga Champions yang berlangsung tanpa kehadirian penonton akibat wabah penyakit virus corona (COVID-19), di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, Jumat (14/8/2020). Manu Fernandez/Pool via REUTERS/HP/djo (REUTERS/POOL)

BERITA.NEWS, Jakarta – Performa Barcelona semakin tidak mengesankan di mata sang legenda, Rivaldo. Ia menganggap tim raksasa Spanyol tersebut harus berubah secara drastis jika ingin musim 2020/21 mereka terselamatkan.

Pada Rabu (9/12/2020) kemarin, klub asuhan Ronald Koeman tersebut menjamu Juventus di Camp Nou dalam laga terakhir fase grup Liga Champions. Meski tampil di kandang, mereka tak kuasa membendung kekuatan Bianconeri.

Pertandingan tersebut berakhir dengan kedudukan 3-0 untuk kemenangan Juventus, di mana dua dari ketiga golnya dicetak Cristiano Ronaldo lewat titik putih. Hasil tersebut membuat Barcelona tergeser dari puncak klasemen Grup G.

Untungnya, kekalahan itu tidak memengaruhi kelolosan Barcelona ke babak 16 besar. Faktanya, mereka mengantongi tiket ke fase tersebut sejak mengalahkan Dynamo Kiev pada matchday ke-4 dengan skor telak 4-0.

Baca Juga :  Jadwal Olimpiade Sepak Bola: Meksiko Bertemu Brazil, Jepang Tantang Spanyol

Barcelona nampak perkasa di Grup G, dengan catatan satu kekalahan saja dari enam pertandingan. Mereka pun mampu mengalahkan Juventus di pertemuan perdananya. Namun di La Liga, Barcelona terlihat ciut.

Lionel Messi dkk baru menorehkan empat kemenangan dari 10 pertandingan. Dengan perolehan 14 poin, Barcelona kini terdampar di peringkat sembilan dalam klasemen sementara La Liga.

Performa tersebut tidak terlihat mengesankan buat Rivaldo. “Untuk sekarang, saya tidak melihat Barcelona memproduksi penampilan yang cukup apik untuk bertarung merebut gelar Liga champions musim ini,” tulisnya pada kolom di Betfair, dikutip dari Bolanet.

“Namun situasinya bisa saja berubah kalau mereka mampu mengalahkan tim kuat di babak 16 besar, sebab itu bakalan menambah kepercayaan diri mereka,” lanjutnya.

Publik mulai meragukan Barcelona mampu menduduki empat besar klasemen La Liga saat musim 2020/21 berakhir. Rivaldo pun sepakat dengan anggapan tersebut.

Baca Juga :  Kapten Tim Pra Porprov Luwu Optimis Menang 3-0 Lawan Wajo

“Banyak yang mulai meragukan apakah Barca bisa mengklaim posisi empat besar di La Liga demi mengambil bagian di Liga Champions musim depan,” tambahnya.

“Jika mereka tetap tampil di bawah standar, maka itu bisa menjadi kemungkinan yang nyata. Tim ini tidak sedang tampil dengan baik, dan situasinya semakin memburuk,” tutupnya.

Barcelona punya kesempatan untuk memutarbalikkan situasi pada Senin (14/12/2020) mendatang, di mana mereka bakalan bertemu Levante di ajang La Liga. Pertandingan tersebut akan digelar di markasnya, Camp Nou. (*)