Perlu Banyak Relawan untuk Edukasi Masyarakat Agar Taat Protokol Kesehatan

Webinar penanganan Covid-19 yang dilakukan secara virtual di ruang Command Center, Kamis (3/12/2020). ()

BERITA.NEWS, Demak – Dalam sepekan terkhir pascalibur panjang, terjadi peningkatan jumlah kasus di beberapa daerah, termasuk di Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Karena itu, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaannya terhadap penyebaran Covid-19 ini.

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Demak Singgih Setyono, masyarakat masih banyak yang abai dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Tidak mudah untuk menyakinkan masyarakat tentang keberadaan Covid-19, masyarakat akan sadar jika ada keluarganya yang terkena sendiri,” katanya.

Hal itu dikatakannya saat menjadi narasumber pada webinar penanganan Covid-19 yang dilakukan secara virtual di ruang Command Center, Kamis (3/12/2020).

Baca Juga :  Melawan Saat Dibekuk, Dua Curanmor dan Jambret di Bulukumba Terpaksa Dilumpuhkan Petugas

Singgih mengatakan, diperlukan banyak relawan untuk menyadarkan dan mengedukasi masyarakat agar bisa tersentuh dan mau menerapkan dan taat protokol kesehatan dalam setiap aktivitasnya.

Dia pun berharap, para peserta webinar turut membantu tugas pemerintah, sebagai relawan untuk melakukan edukasi, sosialisasi dan aktif mengingatkan masyarakat sekitar, untuk selalu waspada terhadap bahaya Covid-19 dengan terapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Demak Guvrin Heru Putranto menyampaikan bahwa selain vaksinasi maka yang terpenting untuk mencegah penularan Covid-19 adalah 4M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan. Serta 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment agar berjalan beriringan.

Baca Juga :  Jurnalis Peduli Sulbar Salurkan Ratusan Paket Bantuan untuk Korban Terdampak Gempa

Menurutnya, secara teori melakukan vaksinasi, 4M dan 3T akan dapat mencegah penyebaran Covid-19 sebesar 99 persen.

– YON