Luwu Raih 3 Juara di Ajang FASI XI Tingkat Sulsel

BERITA.NEWS, Luwu – Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) XI tingkat Provinsi Sulawesi Selatan resmi ditutup, Selasa (1/12/2020). Kegiatan ini berlangsung 3 hari, 28 Novmber hingga 1 Desember 2020 yang dipusatkan di Kabupaten Wajo sebagai tuan rumah tapi dilakukan secara virtual karena alasan pandemi Covid-19.

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang menutup acara. Wagub menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan FASI XI ini sebagai wadah untuk menciptakan generasi yang berakhlak mulia sejak dini.

“Karena sehebat apapun infrastruktur fisik yang kita bangun, menjadi tak berguna jika kita gagal menciptakan sumber daya manusia yang berkarakter mulia,” katanya.

Menurutnya, FASI XI ini sejalan dengan program strategis pemprov Sulsel yakni satu desa satu penghafal Al Quran.

Pemprov Sulsel sendiri akan mengalokasikan anggaran tahun 2021 bagi 10 ribu guru mengaji di Sulsel.

FASI XI tingkat Sulsel diikuti oleh 705 santri dengan puluhan cabang lomba.

Khusus Kabupaten Luwu mengikutkan 13 santri. Luwu hanya mendapat 3 juara yakni juara 2 dalam Lomba Tilawah Al Quran, juara harapan 2 dalam Tahfidz Juz Amma. Kedua lomba ini diikuti oleh Ahmad Asyura.

Kemudian, juara harapan 2 dalam Lomba Ceramah Agama yang diikuti oleh Zidanne Farahdiba Ashar.

Menurut Dirda LPPTKA BKPRMI Luwu Gamar Mansur bahwa kegiatan FASI XI Sulsel ini menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pembinaan santri TPA/TQA di Luwu. Juga, untuk mempersiapkan santri agar lebih siap bertanding di ajang FASI selanjutnya.

Juara I FASI XI ini akan mengikuti FASI XI tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Palembang pada 2021 mendatang.

Sementara Ketua DPD BKPRMI Luwu Azhar Sabri berterima kasih kepada Pemda Luwu yang telah mendukung penuh BKPRMI untuk mengikuti FASI XI tingkat Sulsel.

“Terima kasih kepada Bapak Bupati Luwu dan DPRD Luwu yang telah mendukung penuh BKPRMI untuk mengikutin FASI XI tingkat Provinsi Sulsel kali ini. Terutama Dinas Infokom yang sangat luar biasa dukungannya dalam fasilitas IT karena FASI XI dilakukan secara virtual,” kata Azhar Sabri.

– MUH ASRI

Comment