Korlantas Gelar Rakor Samsat, Kompolnas: Mendukung Pelaksanaan Good Governance

BERITA.NEWS, Makassar — Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar rapat koordinasi pembina Samsat tingkat Nasional tahun 2020. Rakor ini untuk menyatukan persepsi dalam mewujudkan pelayanan Samsat berbasis IT kepada masyarakat guna menyonsong era digital.

Rakor berlangsung dua hari (26-27/11/2020) di JW Marriott Hotel Kuningan Jakarta.

Kegiatan ini pun mendapat apresiasi dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) selaku pengawas fungsional Polri. Rakor Korlantas yang digagas Kakorlantas Polri Irjen Istiono dan Dir Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusuf ini dinilai mempunya inovasi bagus dalam membangun pelayanan publik berbasi IT. Acara dibuka langsung oleh Kapolri Jendral Idham Azis melalui video virtual yang diikuti seluruh Pembina Samsat seluruh Indonesia.

Anggota Kompolnas RI Irjen Pol (purn) Drs. Pudji Hartanto MM melihat upaya Polri khususnya Korlantas merupakan salah satu program prioritas pemerintah yang harus menjadi perhatian semua sebagai langkah-langkah moderenisasi pelayanan publik menuju era teknologi Industri 4.0.

Baca Juga :  Ketua Satgas Doni Monardo Tertular COVID-19, Tidak Rasakan Gejala Apapun

Mantan Kakorlantas Polri ini menuturkan bahwa pemanfaatan media promosi Polri/Polantas dijadikan sebagai sarana mensosialisasikan kinerja dan program unggulan Polri/Polantas yang terus dikembangkan, agar terus meningkatnya indeks kepuasan masyarakat, sehingga trust society terus terbentuk.

Sementara bagi masyarakat, keuntungan inovasi pelayanan Polantas berbasis teknologi meliputi penghematan biaya dan waktu, tidak perlu datang langsung ke tempat pelayanan. “Masyarakat akan mendapatkan akses cepat dan tepat, adanya peringkasan prosedur konvensional karena sudah berbasis online, jadi jangan lagi ada istilah pelayanan berbasis online setengah konvensional,” kata Pudji Hartanto.

Selain itu, kepastian informasi yang diberikan bersifat resmi dan informatif serta dapat dipercaya publik. Akses E-Government perlu memanfaatkan media sosial sebagai jalur akses. Pendekatan ini sebagai bentuk komunikasi Polri/Polantas dengan masyarakat.

Baca Juga :  Update Covid-19 Hari Ini: Positif Bertambah 12.191, Sembuh 9.912, Meninggal 211

“Mendukung pelaksanaan good governance, salah satu prinsipnya menurut UNDP adalah adanya transparansi baik penggunaan anggaran maupun kegiatan yang ditujukan untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Dia berharap Polantas dapat melihat ke arah mana kebutuhan masyarakat di era teknologi industri 4.0 yang serba digital.

“Sekali lagi Kompolnas mengapresiasi karena hal ini sedapat mungkin mengurangi keluhan masyarakat di bidang pelayanan masyarakat bidang lalulintas. Dengan harapan terus meningkatkan pelayanan publik berbasis inovasi teknologi sehingga mampu meningkatkan kepuasan pelayanan Polri di era teknologi industri 4.0 kini,” imbuh Pudji Hartanto.

– MAULANA KARIM