Gubernur Sulsel Instruksikan Perseroda: Hapus Sistem Kartel Rugikan Petani!

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di RUPS Perseroda.

BERITA.NEWS, Makassar – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Prof HM Nurdin Abdullah meminta PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) menghapus sistem kartel yang ada di petani dan nelayan, dengan menggandeng Bank Sulselbar.

Menurut Nurdin, hampir setiap tahun petani mengalami kesulitan bibit, pupuk, obat-obatan, dan masih banyak masalah lainnya. Belum lagi saat panen raya berlangsung, harganya anjlok.

“Perseroda harus sikat itu sistem kartel di petani, di nelayan kita, dan untuk mengatasi hal tersebut kita punya Bank Sulselbar. Kalau Bank Sulselbar tidak mampu, kita ajak yang lain untuk membantu masyarakat,” ucapnya.

Hal itu ditegaskan NA saat menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Perseroda di Hotel Claro Makassar, Kamis (26/11/2020).

“Nah di sini Perseroda hadir bersama Bank Sulselbar dan yang lainnya untuk membantu masyarakat dalam menyediakan kebutuhan petani, termasuk soal harga saat panen raya berlangsung,” katanya.

NA mengatakan saat ini kemiskinan juga masih ada di masyarakat pesisir. Olehnya itu, Perseroda harus menyelesaikan sistem kartel tersebut agar bisa memperbaiki taraf kehidupan masyarakat di seluruh pulau se-Sulsel.

“Kita punya PT. IKI untuk kita ajak berkolaborasi dalam pembuatan kapal yang bagus untuk para nelayan kita. Karena saat ini nelayan kita masih belum didukung dengan teknologi penangkapan yang bagus,” pungkasnya.

– ANDI KHAERUL

Comment