Basmin Mattayang Serahkan 3 Ambulance ke RSUD Batara Guru

BERITA.NEWS, Luwu – Bupati Luwu Basmin Mattayang menyerahkan bantuan tiga mobil ambulance emergency kepada RSUD Batara Guru. Bantuan ini diterima Dirut RSUD Batara Guru dr Daud, di rumah jabatan Bupati Luwu, Senin (23/11/2020) pagi.

Dalam sambutannya, Basmin menekankan kepada pihak rumah sakit untuk menjaga ambulance dengan baik. Pasalnya mobil tersebut merupakan aset negara.

“Pelihara ambulance ini dengan baik, itu aset negara, aset negara harus dijaga dengan baik. Kalau saya, saya lihat mobil dinas saya kotor, saya lap. Saya tidak mau mobil dinas ini kotor. Mobil ini aset negara, ini harus dijaga,” ungkapnya.

Kepada dr Daud, Basmin meminta agar pelayanan rumah sakit kedepannya dapat semakin meningkat dengan bertambahnya fasilitas.

“Yang terpenting adalah pelayanan, karena kita tidak mau ada orang sakit tidak dilayani, jadi harus stand by di pos masing-masing,” tegasnya.

Baca Juga :  Misi Kemanusiaan Luwu Ikut Tangani Korban Gempa yang Sakit dan Luka-luka

Basmin kemudian menceritakan sejumlah sejarah RSUD Batara Guru sebelum dirinya menjadi bupati, dan rumah sakit tersebut belum dipimpin dirut dr. Daud. Saat itu, rumah sakit belum terawat dengan baik.

“Sebelum saya jadi bupati biasa saya kunjungi rumah sakit. Biasa di depan matanya petugas, perawat bagian informasi, tercecer darah mentah menetes sampai di atas tangga. Ada pegawainya tinggal lihat-lihat saja. Itu sebelum dr. Daud,” katanya.

“Parkir-parkir amburadul, kita bisa bayangkan jalan masuk di ICU menjadi tempat parkir motor, dan itu saya temukan pada sidak pertama. Dan waktu itu dr. Daud masih kepala puskesmas. Saat itu saya langsung pecat 2 honorer,” lanjutnya.

Namun saat ini menurutnya, wajah rumah sakit di bawah pimpinan dr Daud, semakin baik. Basmin kemudian sampaikan ucapan terima kasih kepada dr Daud.

Baca Juga :  Peringatan Hari Jadi Luwu ke-753, Ini Pesan Penting Basmin Mattayang

“Saya menyampaikan terima kasih kepada bapak direktur rumah sakit, atas kepemimpinannya menjadikan rumah sakit lebih rapi, bersih, tertib, tidak semrawut lagi. Kita berharap dengan adanya ambulance bisa mengangkat harkat dan martabat kita,” pungkasnya.

Selain penyerahan ambulance, kegiatan dirangkaikan dengan launching sistem layanan kesehatan antar jemput bersama masyarakat (Sikamase), dan launching sistem monitoring elektronik aset Rumah sakit (Simolex Asik).

Kegiatan tersebut dihadiri Dandim Sawerigading diwakili (perwira penghubung) Pabung Luwu Capt Cba Marten Luter, Kadinkes Luwu, Direktur Rumah Sakit dr Daud dan sejumlah ASN RSUD Batara Guru.

– MUH ASRI