Pandemi, Adnan-Kio Punya Cara Perbaiki Ekonomi

BERITA.NEWS, Gowa – Pandemi Covid-19 berdampak pada meningkatnya angka pengangguran dan kemiskinan di semua daerah se Indonesia. Tak terkecuali di Kabupaten Gowa. Isu ini menjadi perhatian serius Calon Bupati dan Wakil Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio.

Pasangan tagline Doboloki ini pun sudah menyiapkan program untuk merangsang pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Gowa. Yakni program pendampingan kepada pelaku UMKM. Ini merupakan salah satu dari lima program utama Adnan-Kio di periode kedua kepemimpinannya.

Saat ini ada tujuh ribu lebih UMKM di Gowa. Karaeng Kio mengatakan, pendampingan yang dilakukan pemerintahan Adnan-Kio periode dua kepada pelaku UMKM bersifat dari hulu ke hilir.

Baca Juga :  Apel Pagi dan Cek Kelengkapan Personel, Kasat Lantas Polres Pinrang: Demi Terciptanya Kamseltibcar Lalin

“Maksudnya, kita betul-betul dampingi sampai tuntas. Mulai dari memilih jenis usaha, menyediakan pakar untuk konsultasi, hingga pemasaran produk hasil UMKM tersebut,” papar Karaeng Kio.

“Bahkan, sampai bantuan modal usaha,” sambung Karaeng Kio.

Karaeng Kio menjelaskan lagi, para pelaku UMKM nantinya akan didampingi pemerintah lewat Mal Pelayanan Publik dan Pos Pelayanan Publik yang ada. Selain menjadi pusat pelayanan urusan administrasi dan perizinan, baik Mal dan Pos Pelayanan Publik itu juga berfungsi sebagai pusat informasi bisnis dan mengakses keuangan.

Juga sebagai pusat informasi pasar, pusat informasi produk dan pusat layanan konsultasi bisnis, serta menciptakan usaha baru.

“Sehingga mereka bisa berkembang dan kalau mereka berkembang, maka akan menyerap tenaga kerja. Semakin banyak UMKM yang berkembang, maka semakin banyak tenaga kerja, maka semakin mampu kita tekan angka kemiskinan dan pengangguran,” terang Karaeng Kio.

Baca Juga :  Revitalisasi Balla Lompoa, Adnan-Kio: Jaga Nilai Budaya Hingga Destinasi Wisata

Perhatian Adnan-Kio kepada UMKM tidak terlepas dari situasi wabah Covid-19, yang banyak membuat masyarakat kehilangan pendapatan bahkan pekerjaan. Untuk itu, Karaeng Kio mengatakan, pembinaan UMKM ini sebagai langkah pemerintah ke depan untuk terus menekan angka kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Gowa. (*)