Pembangunan Stadion Mattoanging Andalkan Uang Pinjaman PT SMI

Stadion Mattoanging. (BERITA.NEWS)

BERITA.NEWS, Makassar – Rencana revitalisasi pembangunan Stadion Mattoanging rupanya akan mengandalkan dana pinjaman atau utang ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) perusahaan berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Hal itu dibenarkan Kepala Pelaksana Tugas (Plt) Badan Perencanaan, Pengembangan dan Penelitian Daerah (Bappelitbangda) Junaedi. Menurutnya, akan ada dua opsi pembiayaan Stadion Mattoanging tersebut, yaitu pakai APBD murni atau dana pinjaman.

Junaedi mengatakan estimasi anggaran yang dibutuhkan untuk merampungkan Stadion secara keseluruhan jumlahnya mencapai Rp 1 triliun lebih. Hitungan itu sesuai kalkulasi dari tim Detail Engineering Design (DED).

“Insya Allah kita siapkan dua opsi. Apakah melalui APBD murni atau pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI),” ujarnya, Rabu (18/11/2020).

Baca Juga :  Banggar Desak Gubernur Selesaikan Stadion Barombong dan Masjid 99 Kubah

Menurutnya, kedua opsi tersebut boleh. Hanya saja, pilihan untuk meminjam dana tersebut lebih siap dari PT SMI. Apalagi, kata dia Gubernur Sulsel sudah kantongi lampu hijau dari Presiden Joko Widodo.

“Apalagi di 2020 ini, perencanaan DED-nya juga sudah dibiayai PT SMI Rp200 miliar. Jadi mungkin dalam waktu dekat, setelah ada draft final dari DED yang ada, akan kita sampaikan ke PT SMI terkait besaran kebutuhan alokasi anggaran,” tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) mengatakan Stadion Mattoanging dinilai bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi dengan hadirnya event olahraga yang digelar.

Baca Juga :  Kukuhkan Komisaris Baru PT Jamkrida, Gubernur Sulsel: Jangan Hanya Jadi Penonton

“Kita berharap stadion ini segera selesai. Ini akan mendorong pemulihan ekonomi. Bayangkan kalau ada event nasional, kejuaraan Presiden, Liga, tambah lagi FIFA juga main disini, hotel pada penuh. Kalau hotel penuh, restoran juga penuh, itulah efek yang kita akan rasakan nanti,” katanya.

– ANDI KHAERUL