Suzuki Bidik Treble di MotoGP 2020

Pebalap tim Suzuki Ecstar Joan Mir dan Alex Rins di Grand Prix Eropa, Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol. (8/11/2020) ANTARA/REUTERS/Juan Medina/pri.

BERITA.NEWS, Jakarta – Suzuki sudah berhasil meraih gelar juara dunia pembalap dan tim, kini Suzuki berpeluang besar melengkapi treble dengan gelar juara dunia konstruktor di MotoGP 2020.

Joan Mir merengkuh gelar juara dunia MotoGP 2020 setelah finis di posisi ketujuh pada balapan MotoGP Valencia. Kemenangan itu merupakan kemenangan besar karena pertama kalinya bagi Suzuki mereka berhasil punya pembalap juara dunia di era MotoGP.

Terakhir kali pembalap Suzuki bisa jadi juara dunia adalah Kenny Roberts Jr. saat memenangkan kelas 500cc pada 2000. Selain mendapat gelar juara dunia lewat Joan Mir, Suzuki juga telah mengantongi gelar juara dunia di kategori tim.

Mengutip CNN Indonesia, meski hanya merebut total dua kemenangan, Joan Mir dan Alex Rins punya total 11 podium yang membuat mereka unggul jauh atas Petronas Yamaha di posisi kedua. Keunggulan jauh itu juga tak lepas dari pengurangan poin yang dialami oleh Petronas Yamaha.

Setelah dua gelar juara dunia di tangan, Suzuki kini berambisi merebut treble lewat kemenangan di kategori konstruktor.

Saat ini Suzuki dan Ducati sama-sama mengoleksi 201 poin. Karena itu MotoGP Portugal jadi pertarungan yang menarik antara pembalap Suzuki dan pembalap Ducati.

Suzuki yang hanya mengandalkan Joan Mir dan Alex Rins bakal bertarung melawan Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, Jack Miller, dan Pecco Bagnaia. Penentuan pemenang untuk kategori konstruktor diambil dari hasil terbaik pembalap di tiap konstruktor.