Belgia ‘Tendang’ Inggris dari Nations League

Dua pemain Belgia Kevin De Bruyne dan Thomas Meunier merayakan gol kedua yang tercipta ke gawang Inggris pada pertandingan putaran kelima Divisi A Grup 2 (A2) UEFA Nations League yang dimainkan di Stadion King Power, Leuven, Minggu (15/11/2020). ANTARA/REUTERS/JOHANNA GERON.

BERITA.NEWS, Jakarta – Tim nasional Belgia memupus mimpi Inggris untuk melangkah ke babak empat besar UEFA Nations League seusai membungkam tamunya itu dengan skor 2-0 dalam laga putaran kelima Divisi A Grup 2 (A2) di Stadion Den Dreef, Leuven, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Hasil itu, membuat Belgia mantap di puncak klasemen sementara Grup A2 dengan koleksi 12 poin, sedangkan Inggris (7) tertahan di urutan ketiga, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hanya saja, Belgia harus menunda selebrasi kelolosan ke babak empat besar, sebab Denmark berada di posisi kedua dengan koleksi 10 poin setelah menang atas Islandia dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan.

Inggris berusaha menggebrak sejak awal. Harry Kane merangsek masuk kotak penalti, sebelum melepaskan tembakan mendatar yang melebar ke sisi kanan gawang.

Namun gawang Inggris justru kemasukan pada menit ke-10. Diawali kesalahan seorang pemain Inggris kehilangan bola, untuk kemudian bola dikirimkan kepada Romelu Lukaku di luar kotak penalti. Lukaku kemudian mengoperkannya kepada Youri Tielemans yang melepaskan sepakan terdefleksi pemain Inggris, melewati kiper Jordan Pickford, dan mengenai sisi dalam tiang gawang sebelum benar-benar masuk ke gawang tuan rumah.

Baca Juga :  Liga Champions: Chelsea Cukur Sevilla 4-0, Olivier Giroud Borong Semua Gol

Inggris hampir menyamakan kedudukan beberapa saat kemudian. Diawali tendangan sudut Kieran Trippier, bola disundul Kane dan tidak dapat diantisipasi kiper Thibaut Courtois, namun sebelum masuk gawang Lukaku masih dapat menyundulnya keluar.

Memasuki menit ke-24, wasit menganggap Declan Rice melakukan pelanggaran terhadap Kevin de Bruyne di luar kotak penalti. Tendangan bebas diambil oleh Dries Mertens, yang melepaskan sepakan akurat melewati dinding pemain dan gagal dihentikan Pickford.

Menjelang turun minum, Inggris mengancam lewat sepakan Mason Mount, Kane, dan sundulan Mount, namun tidak ada gol balasan yang tercipta.

Pada awal babak kedua Belgia berusaha memperbesar keunggulan. De Bruyne melepaskan tembakan yang melebar, sedangkan peluang Inggris dari Mount kembali melebar.

Belgia bermain lebih bertahan dan membiarkan Inggris lebih banyak menguasai bola. Namun bahkan pendekatan permainan fisik dan masuknya Dominic Calvert-Lewin tidak mampu membuahkan satu pun gol balasan untuk pasukan Gareth Southgate.

Dua Penalti Menangkan Denmark Atas Islandia

Pada pertandingan Grup A2 lain yang dimainkan dalam waktu bersamaan, dua penalti milik Denmark membawa mereka menang 2-1 atas Islandia.

Hasil itu membawa Denmark menghuni posisi kedua klasemen dengan sepuluh poin, sedangkan Islandia menjadi juru kunci dengan nol poin.

Baca Juga :  City Akan Tampil Maksimal, meski Sudah Lolos ke Babak Sistem Gugur

Pada pertandingan yang dimainkan di Parken, Copenhagen, itu, Denmark membuka keunggulan pada menit ke-12 melalui eksekusi penalti pertama yang dilakukan Christian Eriksen, akibat pelanggaran ARi Freyr Skulason terhadap Daniel Wass.

Islandia mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-85, saat pemain pengganti Vidar Kjartansson mendapat umpan terobosan dari Skulason, dan dengan leluasa menaklukkan kiper Kasper Schmeichel.

Namun harapan Islandia untuk mendapatkan poin pertamanya buyar ketika mereka kembali dihukum penalti pada menit ke-92, akibat lengan Hoerdur Magnusson mengenai bola di kotak terlarang. Eriksen kembali menjadi algojo, dan kembali menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Di laga pemungkas pada Rabu (18/11), Belgia akan menjamu Denmark dalam penentuan juara Grup A2 dan tim mana yang berhak melangkah ke babak empat besar, sedangkan Inggris tentu tak ingin kehilangan muka ketika menjamu tim juru kunci Islandia yang sudah dipastikan terdegradasi ke Divisi B.

– ANTARA