Valentino Rossi: Joan Mir 100 Persen Pantas Juara

Pebalap tim Suzuki Ecstar Joan Mir dan Alex Rins di Grand Prix Eropa, Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol. (8/11/2020) ANTARA/REUTERS/Juan Medina/pri.

BERITA.NEWS, Jakarta – Sejak Valentino Rossi masuk ke MotoGP mesin 500 cc pada tahun 2.000 hanya ada 5 pebalap selain dirinya yang memenangkan kejuaraan tersebut. Mereka adalah Kenny Roberts, Nicky Hayden, Casey Stoner, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez.

Nama baru akan bertambah musim ini yang kemungkinan besar akan diketahui di balapan pekan ini di MotoGP Valencia. Pebalap tersebut tak lain dan tak bukan adalah Joan Mir yang kini berada di puncak klasemen dengan mengemas 162 poin.

Sang legenda hidup Valentino Rossi pun berkomentar soal nama baru yang akan menjadi jawara di eranya tersebut.

“Di awal musim tidak ada yang bertaruh Mir akan juara, tapi sebenarnya di balapan terakhirnya musim lalu ia tampak sudah berkembang dan saat test,” kata Rossi.

Baca Juga :  MotoGP Portugal: Oliveira Raih Pole Position, Valentino Rossi ke-17

“Menurutku ia sudah dewasa. Ia tampak memiliki lebih banyak pengalaman padahal ini baru musim keduanya di MotoGP dan di Moto2 cuma satu musim, jadi dia adalah talenta yang sangat luar biasa,” puji Rossi.

The Doctor pun dengan yakin Mir adalah pebalap yang layak menjadi juara musim ini. Menurutnya Mir adalah pebalap paling konsisten di MotoGP 2020 dan konsistensi lah yang paling dibutuhkan di tahun seperti ini.

“Tak ada yang menduga dia bisa jadi juara, tapi menurut saya kalau dia yang juara, dia 100 persen pantas akan hal itu karena dia lebih konstan, dan itu sangat penting tahun ini. Dia cuma menang di satu seri tapi di Austria harusnya dia bisa menang pula jika balapan tidak dihentikan,” jelas Rossi.

Baca Juga :  MotoGP Portugal: Oliveira Raih Pole Position, Valentino Rossi ke-17

Joan Mir saat ini berusia 23 tahun dan tahun ini adalah tahun keduanya di kelas MotoGP bersama Suzuki. Di dua balapan terakhir MotoGP tahun ini Mir unggul 37 poin dari Fabio Quartararo. Jika Mir bisa memastikan gelar juara di MotoGP Valencia jika ia naik podium dan lebih cepat dari Quartararo.

– DETIK