Tanpa Neymar, Brazil Susah Payah Tundukkan Venezuela

Pemain Brazil Danilo dan Roberto Firmino merayakan gol saat mereka menang 1-0 atas Venezuela pada kualifikasi Piala Dunia 2022 di Sao Paulo, Brazil, 13 November 2020. NELSON ALMEIDA / POOL / AFP

BERITA.NEWS, Jakarta – Roberto Firmino mencetak gol tunggal untuk membawa Brazil meraih kemenangan atas Venezuela 1-0 di Sao Paulo, Jumat atau Sabtu WIB (14/11/2020), sekaligus memperpanjang rekor 100% tim samba menjadi tiga kemenangan dari tiga laga dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL.

Juara dunia lima kali itu mencetak sembilan gol dalam dua pertandingan terakhir mereka, tetapi mereka harus berjuang sejak awal melawan Venezuela yang yang bermain ngotot dengan pertahanan rapat.

Tampil sebagai tuan rumah di Estadio Morumbi, Sao Paulo, Brazil yang tanpa mega bintang Neymar Jr. bermain lesu menghadapi Venezuela yang merupakan satu-satunya dari 10 tim Amerika Selatan yang tidak pernah lolos ke putaran final Piala Dunia.

Baca Juga :  Tandang ke Olympiakos, Manchester City Mencari Pelipur Lara

Selecao sempat dibuat frustrasi oleh permainan bertahan Venezuela meski tuan rumah secara statistik menguasai hampir 75 persen permainan dan melepaskan 11 tembakan ke gawang Venezuela, namun hanya 3 yang mengena sasaran dan 1 dikonversi menjadi gol, demikian catatan laman resmi CONMEBOL

Tuan rumah sebenarnya sempat mencetak gol cepat melalui Richarlison pada menit ketujuh. Tapi gol itu dianulir wasit karena Richarlison dianggap offside.

Jelang babak pertama usai, Brazil memperoleh beberapa peluang, tetapi hingga turun minum tidak ada gol yang bisa diciptakan.

Pada babak kedua, kendali permainan masih dipegang oleh Brazil. Kerja susah payah Brazil akhirnya terpecahkan pada menit ke-67. Sebuah tembakan Firmino dari jarak dekat ke pojok kiri gawang tidak bisa dibendung kiper Venezuela, Wuilker Farinez.

Baca Juga :  Liga Champions: Manchester City Kunci Tiket 16 Besar Berkat Gol Tunggal Phil Foden

Susunan pemain:

Brazil: Ederson; Danilo, Thiago Silva, Marquinhos, Renan Lodi; Douglas Luiz, Allan, Everton Ribeiro; Gabriel Jesus, Roberto Firmino, Richarlison.

Venezuela: Wuilker Farinez; Roberto Rosales, Yordan Osorio, Wilker Angel, Rolf Feltscher; Yeferson Soteldo, Tomas Rincon; Darwin Machis, Christian Casseres, Junior Moreno; Salomon Rondon.

– ANTARA