HUT Brimob, Kapolda Sulteng Umrahkan Sejumlah Anggota Berprestasi

Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Abdul Rahkman Baso memotong tumpeng saat HUT Brimob ke-75 di Markas Komando Satuan Brimob Polda Sulteng, Jalan Trans Sulawesi, Kecamatan Palu Utara, Palu, Sabtu (14/11/2020). Potongan tumpeng kemudian diberikan kepada personel Brimob yang tertua. (BERITA.NEWS/Maulana Karim)

BERITA.NEWS, Palu – Tepat hari ini, 14 November, Korps Brigade Mobil (Brimob) Polri berulang tahun yang ke-75 yang diperingati dengan upacara di Markas Komando Satuan Brimob Polda Sulteng, Jalan Trans Sulawesi, Kecamatan Palu Utara, Sabtu (14/11/2020). Upacara dipimpin langsung Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Irjen Pol Abdul Rahkman Baso.

Kali ini upacara dilaksanakan dengan sederhana, sesuai perintah Kapolri melalui Komandan Korps Brimob Polri, Irjen Pol Anang Revandoko.

HUT Brimob tahun ini mengambil tema Brimob Untuk Indonesia. Karena masih dalam suasana pandemi, maka peringatannya dilaksanakan secara virtual.

Saat tiba di Markas Komando Satuan Brimob Polda Sulteng, mantan Wadankorps Brimob Polri ini langsung duduk bersama para pasukan Satbrimob Polda Sulteng sembari berpose. Dalam kesempatan itu juga, Puang Rambo — demikian Kapolda akrab disapa — menitipkan suatu pesan moril dan semangat bagi para anggota Brimob Polda Sulteng.

Keakrban begitu jelas terlihat. Irjen Pol Abdul Rahkman Baso memang dikenal cukup dekat dengan para anggotanya. Inspektur Jenderal Polisi berpangkat dua bintang di bahu ini juga memberikan anugerah penghargaan kepada sejumlah personel Satuan Brimob Polda Sulteng atas keberhasilan para personel selama penugasan di Poso.

Upacara perayaan hari HUT Brimob kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Hal ini lantaran Satuan Brimob Polda Sulteng harus mengedepankan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

Kendati demikian, menurut Irjen Pol Abdul Rahkman Baso, tidak menurunkan semangat para kesatria Brimob Polri yang bermotto “Jiwa Raga Demi Kemananusian, Brimob Hadir untuk Indonesia” ini.

Terlihat beberapa layar kaca televisi 42 Inc terpampang secara pararel di Markas Komando Satuan Brimob Polda Sulteng.

Secara nasional, upacara perayaan HUT Brimob Polri yang dilakukan secara virtual ini dipimpin langsung oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Idham Azis.

Baca Juga :  Kasus Covid-19 Meningkat, Tim Gabungan Makin Gencar Operasi Yustisi

Kapolri memberikan sejumlah arahan kepada seluruh jajaran Brimob di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya Kapolri menyampaikan bahwa pengabdian Brimob sudah menjadi catatan sejarah perjalanan bangsa.

β€œKorps Brimob lahir tumbuh dan berkembang bersamaan dengan institusi Polri dan perjalanan bangsa,” ucap Kapolri.

Kapolri juga mengatakan bahwa Brimob diandalkan Polri dalam mengawal dan mengamankan NKRI dan telah menunjukkan eksistensi, di antaranya penanganan teroris, gangguan keamanan, bencana alam, hingga penanganan Covid-19.

“Brimob menangani Covid-19 dengan mendirikan dapur umum, mendirikan rumah sakit khusus, dan bantuan sosial,” ujarnya mantan Kapolda Sulteng ini.

Dalam kesempatan itu, Kapolri juga menambahkan bahwa tantangan ke depan adalah pengamanan Pilkada, penanganan Covid-19, dan pemulihan ekonomi masyarakat serta dampak lainnya.

“Tingkatkan keimanan, jalankan tugas sebagai ibadah, jaga kehormatan pribadi dan institusi Polri. Tingkatkan sinergi dengan TNI, jadilah penyemangat bagi keluarga, rekan-rekan, bagi masyarakat, dalam menerapkan protokol kesehatan serta junjung tinggi Tribata,” imbuhnya Kapolri.

Usai mengikuti acara upacara HUT Brimob Polri ke-75, kegiatan di Markas Komando Satuan Brimob Polda Sulteng dilanjutkan dengan syukuran yang diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Kapolda dan diberikan langsung kepada personel Brimob yang tertua. Sedangkan personel Brimob termuda diberikan langsung oleh Wakapolda Sulteng.

Dalam upacara ini juga diwarnai dengan canda tawa. MC (Master Of Ceremony) Aipda Erwin L membuat suasana HUT terasa lebih hidup.

Dia sempat mengatakan bahwa kesuksesan orang nomor 1 di Polda Sulawesi Tengah, bila anggotanya yang berprestasi salah satunya dirinya dalam bidang MC bisa sukses menjadi seorang perwira.

Baca Juga :  Masa Depan Makassar Ada di Appi-Rahman, Kabinet Muda Ajak Milenial ke TPS dan Tidak Golput

“Salah satu contoh keberhasilan Kapolda mungkin, MC bisa jadi perwira yang terbukti sudah 9 kali mendaftar SIP. Alhamdulillah, selalu tidak lolos terus,” cetusnya Aipda Erwin yang sontak diiringi dengan tawa oleh para hadirin.

Sang MC tidak henti-hentinya berpantun untuk memeriahkan suasana HUT ke-75 Brimob Polri tersebut.

Aksi kocak MC anggota Polres Parimo berbuah manis. Dia diberi hadiah umrah dari Kapolda.

Kapolda Sulteng Irjen Pol Abdul Rahman Baso sebelum mengakhiri pidatonya mengatakan bahwa semua anggota yang berprestasi tenang saja, sesuai arahan Kepala Kepolisian Republik Indonesia untuk personel yang berprestasi dipriotaskan untuk perwira.

“Sesuai arahan Bapak Kapolri untuk SIP para personel yang berprestasi harus diprioritaskan, termasuk MC tenang saja bos, kalau dalam jangka waktu 3 bulan kedepan bisa turunkan itu badan silakan mendaftar SIP,” sindir Irjen Pol Abdul Rahkman Baso dalam candanya.

Irjen Pol Abdul Rahkman Baso melayangkan pertanyaan ke Aipda Erwin yang merupakan MC. “MC sudah naik umrah belum?” tanya Kapolda Sulteng.

Kali ini, Aipda Erwin menjawab pertanyaan sang jenderal bintang dua itu dengan sigap. “Siap belum Jenderal,” jawab Aipda Erwin.

Kontan saja, Kapolda Sulteng memberi perintah ajudan di hadapan para hadirin. “Ajudan berangkatkan umrah MC bersamaan dengan 4 binmas yang berprestasi,” katanya.

Usai itu, Kapolda meninggalkan panggung acara HUT Brimob.

Apresiasi dari para hadirin yang merupakan jajaran Polda Sulteng dengan memberikan tepuk tangan meriah untuk sang jenderal asal Sulawesi Selatan ini.

– MAULANA KARIM