Kadis Pariwisata Beberkan Event Nasional Yang Sukses di Bulukumba

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba, Muh. Ali Saleng.

BERITA.NEWS, Bulukumba – Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba, Muh. Ali Saleng heran bila ada yang menyatakan Pemkab Bulukumba tak mampu menghadirkan event dengan skala nasional.

Menurutnya, pihak yang menilai seperti itu sepertinya lupa dengan capaian pariwisata Bulukumba. Banyak event tingkat nasional yang sukses digelar di Bulukumba. Di antaranya Karnaval Busana Hitam dan Festival Pinisi.

“Saya juga heran bila ada yang bisa bicara seperti itu, mungkin lupa yah? Karnaval Busana Hitam itu peserta 27.000 sampai berhasil masuk Rekor MURI, Festival Pinisi juga sudah 3 kali berturut-turut masuk kedalam agenda pariwisata Nasional yakni 100 Wonderful Indonesia,” ujar Ali Saleng.

Lanjutnya, sektor pariwisata Kabupaten Bulukumba saat ini justru telah melampaui target PAD dari yang telah ditentukan oleh DPRD.

Baca Juga :  TSY Jawab Pertanyaan Panelis, TSY : Berikan Bukti Bukan Sekedar Janji

“Berdasarkan presentase, PAD dari sektor pariwisata sudah 109%, melebihi target. Tapi kami masih yakin bisa sampai diangka Rp3 miliar sampai Rp3,5 miliar,” ungkap Ali Saleng.

Untuk infrastukrur, Ali Saleng mengungkapkan saat ini Pemkab Bulukumba sedang melakukan pembenahan secara serius. Apalagi bantuan pembangunan infastruktur dari Pemprov Sulawesi Selatan sudah mulai dikerjakan dan ditinjau langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah beberapa saat lalu.

“Infrastruktur adalah salah satu fokus kami, bantuan dari Pemprov Sulsel untuk pembenahan infrasturktur adalah salah satu poin untuk lebih meningkatkan kunjungan wisata kita di Bulukumba,” pungkas Ali Saleng.

Baca Juga :  TSY Jawab Pertanyaan Panelis, TSY : Berikan Bukti Bukan Sekedar Janji

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Duta Wisata Bulukumba Rezky Hutama Putra mengeluarkan statement kontroversi dengan menyebut bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba tak mampu membuat event dengan skala nasional hingga bisa menghadirkan ribuan pengunjung di destinasi wisata Bulukumba.

“Selama ini hampir tidak ada event nasional dengan jumlah peserta ribuan orang yang digelar di Bulukumba, karena kurangnya sarana dan prasarana pariwisata,” ungkap Rezky Hutama Putra, seperti dimuat salah satu media online.

– IL