Gol Semata Wayang Goran Pandev antar Makedonia ke Putaran Final EURO

Bintang gaek tim nasional Makedonia Utara Goran Pandev (kiri) diselamati gelandang Arijan Ademi setelah mencetak gol ke gawang Georgia dalam laga final playoff EURO Jalur D di Stadion Boris Paichadze, Tbilisi, Georgia, Kamis (12/11/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Irakli Gedenidze)

BERITA.NEWS, Jakarta – Bintang gaek tim nasional Makedonia Utara, Goran Pandev, berhasil mengantarkan negaranya melakoni debut di putaran final EURO tahun depan seusai lolos dari playoff Jalur D.

Pandev mencetak gol semata wayang Makedonia yang menang 1-0 atas tuan rumah Georgia dalam pertandingan yang digelar di Stadion Boris Paichadze, Tbilisi, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Pemain berusia 37 tahun itu memecahkan kebuntuan pada menit ke-56 dengan menyelesaikan umpan dari Ilija Nestorovski untuk memperdaya kiper Giorgi Loria, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca Juga :  Liga Champions: Porto Dampingi City ke Babak Gugur, Marseille Petik Kemenangan Perdana

Dari tujuh percobaan tembakan yang dibukukan oleh Makedonia sepanjang laga, tiga di antaranya tercatat atas nama mantan bintang Inter Milan dan Lazio itu.

Georgia sebetulnya sempat mengancam lebih dulu pada pertengahan babak pertama melalui sepakan jarak jauh Tornike Okriashvili yang masih bisa diamankan kiper Stole Dimitrievski.

Selepas kemasukan gol Pandev, Georgia tak banyak bisa menciptakan mara bahaya ke gawang tim tamu yang sukses menjaga keunggulan 1-0 hingga bubaran.

Baca Juga :  Liga Champions: Chelsea Cukur Sevilla 4-0, Olivier Giroud Borong Semua Gol

Hasil itu membuat Makedonia jadi negara pertama yang menjadi pemenang dari empat jalur playoff EURO 2020.

Kemenangan itu membuat Makedonia untuk pertama kalinya tampil di putaran final sebuah turnamen sepak bola internasional sejak merdeka dari Yugoslavia pada 1991 silam.

– ANTARA