Tim PkM Dosen Fikom UMI Kembangkan Aplikasi Pendeteksi Dini Covid-19

Tim PkM Dosen UMI saat sosialisasi aplikasi deteksi dini Covid-19.

BERITA.NEWS, Makassar – Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia (UMI) mengembangkan aplikasi ruang informasi untuk pendeteksi dini Covid-19 atau Corona Virus, Selasa (10/11/2020).

Trobosan tersebut sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat (PkM) ditengah pandemi Covid-19 saat ini. Sosialisasi dan penerapan aplikasi itu rupanya sudah ujicoba di puskesmas Samata Gowa.

Pengembangan aplikasi dikerjakan dosen-dosen handal Fikom UMI. Diketuain, St.Hajrah Mansyur dan Lutfi Budi Ilmawan. Tim tersebut juga mulai intens melakukan sosialisasi.

Baca Juga :  Gubernur Sulsel: Digitalisasi Solusi di Masa Pandemi Covid-19

Hajrah Mansyur mengatakan saat ini penyebaran Covid-19 masih cukup masif dikalangan masyarakat umum. Hal Itulah yang mendorong tim PkM UMI, mengembangkan Aplikasi/Software informasi pendeteksi dini Covid tersebut.

“Aplikasi ini untuk mendeteksi dini apakah masyarakat berpotensi positif Covid-19, sesuai dengan gejala yang diinputkan pada aplikasi,” ucapnya.

Ia berharap, dengan aplikasi tersebut masyarakat dapat selalu mengontrol kondisi tubuhnya apakah positif atau negative berdasarkan parameter input keadaan tubuh masing-masing orang.

Baca Juga :  HUT Polairud ke-70, Polda Sulsel Laksanakan Upacara Virtual

“Tujuan kami dari pengapdian ini adalah mengembangkan aplikasi yang dapat meningkatkan awareness masyarakat terhadap informasi terkait Covid-19, sehingga masyarakat diharapkan dapat berperan aktif memahami kondisi tubuhnya,” pungkasnya.

  • ANDI KHAERUL