Dua Sungai Meluap, 126 Rumah di Solok Selatan Terendam Banjir

Petugas BPBD Solok Selatan meninjau lokasi banjir di Kecamatan Sangir Balai Janggo, Senin. Banjir terjadi akibat curah hujan yang tinggi sejak Minggu malam dan mengakibatkan dua sungai meluap di Solok Selatan (ANTARA/Erik IA)

BERITA.NEWS, Padang Aro – Sebanyak 126 rumah warga di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat terendam banjir akibat luapan Sungai Batang Pangian dan Sungai Batang Geringging, Senin dini hari.

“Banjir mulai melanda pukul 01.30 Wib dan sekitar pukul 04.00 Wib air mulai surut dan paginya korban sudah mulai membersihkan rumah masing-masing,” kata Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan Romi Aprijal di Padang Aro, Senin (9/11/2020).

Wilayah yang terdampak yaitu di Jorong Pasa sebanyak 34 rumah terendam dengan jumlah 46 kepala keluarga dan 400 jiwa.

Baca Juga :  Top! Appi-Rahman Pede Gratiskan Pajak, Ternyata Sudah Ada Hitung-hitungannya

Selanjutnya di Jorong Taratak sebanyak 80 unit rumah terdampak dengan 90 kepala keluarga dan 450 jiwa.

Dia mengatakan, banjir terjadi akibat hujan deras seharian di Kabupaten Solok Selatan mengakibatkan air sungai melebihi kapasitas dan meluap yang mengakibatkan banjir genangan banjir luapan.

Pada Senin dini hari katanya, ketinggian air di pemukiman warga mencapai 1,3 meter beruntung tidak ada korban jiwa dan hanya genangan.

Pagi ini katanya, tim sudah mendistribusikan bantuan logistik bagi korban banjir seperti mie instan dan makanan lainnya untuk sarapan sebab para korban belum bisa memasak.

Baca Juga :  Kuasai Fasum, Oknum Pengusaha di Daerah Jongaya Ditindak Pemerintah Kecamatan Tamalate

Saat ini tim membantu warga membersihkan material banjir yang sampai ke rumah dan sudah hampir selesai.

“Air mulai surut pukul 04.00 Wib dan warga langsung memulai pembersihan rumah yang sudah tidak tergenang dan sekarang hampir selesai,” ujarnya.

BPBD Solok Selatan melakukan koordinasi dengan kecamatan, Wali nagari, TKSK dan Jorong Setempat dalam melakukan penanganan banjir.

  • ANTARA