35 ASN Eselon III dan IV Pemkab Luwu Ikut Uji Kompetensi

BERITA.NEWS, Luwu – Sebanyak 35 ASN dari eselon III dan IV di lingkup Pemkab Luwu mengikuti uji kompetensi Pejabat Admistrator dan Pengawas MANTAP Luwu di Aula Bappeda, Senin (9/11). BKPSDM Luwu menggelar kegiatan ini selama dua hari.

Terlihat para peserta mengikuti uji kompetensi dengan seksama menjawab soal yang diberikan. “Mereka diberikan soal untuk mengetahui kemampuan mereka guna menghasilkan management talenta, ini sangat luar biasa karena pertama kali di Sulsel menerapkan managemen talenta,” ujar koordinator tim assesor LAN RI Makassar, Ahmad Sukarno.

Menurutnya, kegiatan yang difasilitatori oleh BKPSDM Luwu ini dilakukan 2 hari karena alat ukur uji kompotensi itu ada 3, diantaranya study kasus, intrei atau mengerjakan persuratan seperti cara disposisi surat, sedangkan wawancara kompotensi dilakukan pada hari kedua.

Baca Juga :  BKPSDM Luwu Gelar Diklat Teknis untuk 40 Bendahara Kecamatan dan Kelurahan

“Ini adalah proses ujian. Selain dari tiga alat ukur itu, ada hal yang juga penting yakni biodata peserta termasuk daftar riwayat hidup,” ungkapnya.

Dinamika pekerjaan seperti perasaan mereka saat bekerja, absensi pun nanti akan digabungkan dengan penilaian kinerja mereka selama ini. Hal ini sudah diatur secara nasional.

Setelah itu, nantinya peserta dibuatkan sembilan kotak talenta, akan diranking sesuai hasil uji kompetensi yang sudah mereka ikuti.

Baca Juga :  Ini Jawaban Bupati Luwu Atas Pandangan Umum Fraksi DPRD

“Yang ada pada juara 9, 8 dan 7 masuk ke dalam kotak talenta full dan akan dipromosikan, yang di bawah dari itu mereka dianggap masih butuh pengembangan talenta yang kemungkinan diikutkan pelatihan, “ujar Sekretaris BKPSDM Luwu Andi Muhammad Ahkam Basmin.

Sampel peserta uji kompetensi ini 35 peserta, 20 kelurahan dan Sekretariat Pemkab Luwu.

  • MUH ASRI