Perketat Protokol Kesehatan, Toraja Utara Tetap Jadi Destinasi Favorit Wisatawan

Pjs Bupati Toraja Utara Amson Padolo (BERITA.NEWS/Andi Khaerul)

BERITA.NEWS, Makassar – Destinasi pariwisata Toraja Utara rupanya masih menjadi favorit para wisatawan menikmati akhir pekan. Aturan Protokol Kesehatan tetap jadi hal utama yang harus dipatuhi ketika menjajaki potensi daerah tersebut.

Hal itu ditegaskan Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Toraja Utara Amson Padolo saat ditemui di sela-sela kunjungannya di kota Makassar.

Dikatakan, daerahnya itu masih menjadi destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat libur akhir pekan.

“Jadi selama libur panjang memang Toraja Utara merupakan daerah yang sangat diidolai oleh wisatawan atau pengunjung. Kami mengalami kenaikan yang sangat signifikan semua tempat wisata itu penuh, demikian juga dengan hotel dan tempat penginapan,” ungkapnya.

Amson yang Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) itu mengaku pihaknya bersama Forkopimda tetap memperketat pengawasan proktol kesehatan kepada para pengunjung di setiap tempat wisata.

“Pada saat akan libur panjang itu kita berkordinasi juga dengan Forkopimda serta satgas Covid. Siagakan semua tim di tempat destinasi wisata dan hotel, sebagai upaya untuk mengendalikan apabila ada hal-hal yang kita tidak inginkan mereka bekerja 24 jam secara bergilir,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan tempat rapid test Covid-19 di beberapa destinasi wisata. Antisipasi apabila ada pengunjung tiba-tiba mengalami gejala penyakit tersebut.

“Kita siapakan alat rapid test apabila ada kenaikan suhu atau alami kelemahan tubuh. Makanya setiap tempat kita siapakan alat rapid. Sampai selesainya libur panjang itu tidak ada yang kita rapid, kecuali adanya laporan terkontaminasi itu yang satu orang,” pungkasnya.

Diketahui, ada beberapa destinasi menarik yang selalu menjadi tujuan para wisatawan di Tana Toraja. Seperti, Ollong berupa wisata alam dengan hamparan gunug menghijau, Londa yaitu pemakaman adat masyarakat Toraja dan negeri di atas awan Lolai.

  • ANDI KHAERUL