Liga Champions: Juventus Gilas Ferencvaros 4-1

Penyerang Juventus Paulo Dybala (kiri) merayakan gol yang dicetaknya bersama Rodrigo Bentancur (tengah) dan Adrien Rabiot (kanan) pada pertandingan Grup G Liga Champions melawan Ferencravos yang dimainkan di Puskas Arena, Budapest, Rabu( 4/11/2020). (ANTARA/AFP/ATTILA KISBENEDEK)

BERITA.NEWS, Jakarta – Juventus meraih kemenangan meyakinkan 4-1 atas tuan rumah Ferencravos dalam pertandingan putaran ketiga Grup G Liga Champions di Stadion Puskas Arena, Hungaria, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Tambahan tiga poin membawa tim asal Turin itu tetap menduduki posisi kedua di klasemen, kini dengan enam poin. Sedangkan wakil Hungaria Ferencravos tetap berada di dasar klasemen grup dengan satu poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Gol yang dibukukan Alvaro Morata (7′) membawa Juve memimpin pada babak pertama. Mereka baru mampu menambah koleksi golnya setelah turun minum berkat gol-gol dari Morata (60′), Paulo Dybala (73′), dan gol bunuh diri Lasha Dvali (81′), sebelum tuan rumah memperkecil ketertinggalan berkat gol Franck Boli (90′).

Laga baru berlangsung tujuh menit saat Juventus memecah kebuntuan. Juan Cuadrado bergerak cepat di sisi kanan untuk mengejar operan Leonardo Bonucci, dan menggulirkannya ke mulut gawang, melewati Ronaldo, namun dengan sigap disambar Alvaro Morata menjadi gol.

Federico Chiesa bekerjasama dengan Ronaldo untuk melepaskan tembakan yang masih dapat ditahan para pemain Ferencravos, sedangkan Oleksandr Zubkov yang tidak terkawal membuang kesempatan untuk tuan rumah menyamakan kedudukan setelah ia menyia-nyiakan peluang meski berada dalam posisi tidak terkawal.

Baca Juga :  Atletico Taklukkan Barcelona Berkat Gol Semata Wayang Yannick Carrasco

Juventus berpeluang menggandakan keunggulan, namun alih-alih melepaskan tembakan, Morata justru mengumpan kepada Ronaldo, yang membuat Miha Blazic mampu melakukan tekel untuk menggagalkan serangan tersebut.

Cuadrado memiliki dua insiden terkait benturannya dengan pemain tuan rumah. Pertama di dalam kotak penalti lawan saat ia sedang menyerang, kedua saat ia berduel dengan Somalia, namun wasit sama sekali tidak menganggap terjadi pelanggaran. Babak pertama ditutup dengan keunggulan 1-0 untuk raksasa Italia.

Pelatih Juve Andrea Pirlo memasukkan Rodrigo Bentancur dan Weston McKennie untuk menggantikan Arthur dan Aaron Ramsey. Ronaldo gagal memanfaatkan kesalahan pemain Ferencravos yang kehilangan bola di sepertiga pertahanan, saat ia hanya mampu melepaskan sepakan melebar.

Beberapa saat kemudian Juve mendapatkan gol keduanya. Ronaldo bergerak di sisi kanan dan mengirimkan operan, bola dibiarkan lewat oleh McKennie untuk menuju Morata yang sudah menunggu. Penyerang Spanyol itu lantas melepaskan tembakan ke sudut atas gawang tuan rumah.

Dybala masuk menggantikan Morata, dan segera mendapat kesempatan untuk mengemas gol ketiga Bianconerri. Diawali operan ke belakang dari Miha Blazic yang gagal dikuasai kiper Denes Dibusz, bola segera disambar Dybala masuk ke gawang yang kosong.

Baca Juga :  Juve Gilas Tamunya Cagliari 2-0, Gol Diborong Ronaldo

Ferencravos melakukan kesalahan serupa beberapa saat kemudian. Kiper Dibusz mengoper bola yang dapat dicuri Dybala, untuk kemudian ditembakkan masuk ke gawang. Bola sempat berusaha dibuang oleh Dvali, namun gagal dan gol itu tercatat sebagai gol bunuh diri.

Tuan rumah mendapatkan gol hiburan menjelang laga usai. Kiper Wojciech Szczesny menahan tembakan Boli dengan lututnya, namun ia tidak berdaya menahan sang pemain lawan menyambar bola pantul.

Juventus akan kembali bertemu Ferencravos pada putaran keempat yang akan dimainkan pada 25 November, saat itu Bianconerri berstatus sebagai tuan rumah.

Susunan pemain:

Ferencravos (4-3-3): Denes Dibusz, Georgo Lovrencsics, Miha Blazic, Lasha Dvali, Endre Botka (Marcel Heister 69′), Somalia, Igor Kharatin, David Siger, Oleksandr Zubkov (Myrto Uzuni 80′), Isael (Franck Boli 74′), Tokmac Chol Nguen (Robert Mak 74′)
Pelatih: Sergiy Rebrov

Juventus (4-3-3): Wojciech Szczesny, Juan Cuadrado (Gianluca Frabotta 76′), Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Danilo, Aaron Ramsey (Weston McKennie 53′), Arthur (Rodrigo Bentancur 46′), Adrien Rabiot, Cristiano Ronaldo, Alvaro Morata (Paulo Dybala 67′), Federico Chiesa (Federico Bernardeschi 76′)
Pelatih: Andrea Pirlo

  • ANTARA