Kebumen Miliki Gedung Isolasi Covid-19, Ini Harapan Ganjar

Gedung isolasi Covid-19 terpadu di RS PKU Muhammadiyah Gombong, Kebumen, Jawa Tengah, diresmikan, Selasa (3/11/2020).

BERITA.NEWS, Kebumen – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy bersama Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto meresmikan gedung isolasi Covid-19 terpadu di RS PKU Muhammadiyah Gombong, Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (3/11/2020).

Ikut mendampingi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Bupati Kebumen Yazid Mahfudz.

Menkes Terawan Agus Putranto mengapresiasi pembangunan gedung khusus isolasi Covid-19, peresmian instalasi radioterapi dan kemoterapi, serta instalasi hemodialisa di RS PKU Muhammadiyah Gombong.

“Tidak hanya untuk Covid-19, di masa mendatang fasilitas ini bisa digunakan untuk pelayanan penyakit lain, seperti TBC dan lainnya,” ucapnya.

Baca Juga :  Pontianak Tindak 200 Pengelola Warung Kopi Pelanggar Protokol Kesehatan

Hal senada disampaikan Menko PMK, Muhadjir Effendy.

Muhadjir berharap, kebutuhan fasilitas kesehatan di masyarakat khususnya selama pandemi Covid-19 ini masih cukup tinggi.

“Semoga RS PKU Muhammadiyah Gombong bisa menjadi bagian dalam membantu pemerintah untuk penanganan Covid-19 ini,” kata Muhadjir.

Sementara Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berharap, dengan diresmikannya gedung isolasi Covid-19 terpadu ini, penanganan pasien Covid-19 di wilayah selatan Jawa Tengah bisa lebih optimal.

“Mudah-mudahan ini bisa memberikan fasilitas untuk masyarakat wilayah selatan. Tidak hanya untuk Covid-19, tapi juga penyakit lain. Tentu, ini sangat membantu pemerintah,” ujar Ganjar.

Baca Juga :  Pandemi, Adnan-Kio Punya Cara Perbaiki Ekonomi

Menurutnya, selama ini penanganan pasien Covid-19 di bagian selatan Jawa Tengah masih mengandalkan RSUD Margono, beberapa rumah sakit di Cilacap, dan lainnya.

“Kita berharap dengan semakin banyak fasilitas kesehatan ini, semua bisa saling support dan membantu pemerintah dalam peningkatan layanan kesehatan,” katanya.

  • WAKHYONO