Kampanyekan Appi-Rahman di Bitowa, Melinda Aksa Bahas Rumah Kreatif untuk Pemberdayaan Perempuan

BERITA.NEWS, Makassar – Pasangan calon Wali kota dan wakil Wali kota Makassar, Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando (Appi-Rahman) berkomitmen memimpin Makassar untuk semua kalangan, tak ada yang terkecualikan.

Termasuk untuk kalangan perempuan, Paslon nomor urut 2 ini melalui visi-misi dan turunan programnya juga memiliki fokus berdayakan para perempuan Makassar.

Berbagai program Appi-Rahman yang menyentuh langsung pengembangan diri untuk perempuan dicetuskan, salah satunya yakni program Rumah Kreatif bagi perempuan dan ibu rumah tangga.

Program ini dijabarkan Melinda Aksa saat mewakili Appi-Rahman kampanye dialogis dihadapan ibu-ibu Majelis Taklim Babussalam, di Kelurahan Bitowa, Kecamatan Manggala, Senin (2/11/2020).

Awalnya sejumlah ibu-ibu berkesempatan bertanya mengenai program Appi-Rahman kepada Melinda Aksa.

Ketua RT 04 wilayah setempat, Hj Halijah, mewakili warga dan ibu-ibu Majelis Taklim curhat bahwa sejauh ini pemberdayaan perempuan masih belum maksimal dilakukan oleh Pemerintah kota Makassar.

Padahal menurutnya di setiap periode Pemerintahan selalu ada tim Penggerak PKK yang tugasnya merangkul dan memberdayakan perempuan lewat programnya.

“Tapi itu belum maksimal, kami harap jika Ibu Melinda nanti sebagai istri dari Pak Appi tentu akan menjabat sebagai Ketua tim PKK Makassar kelak bisa lebih memperhatikan dan membuat program yang bisa dirasakan langsung manfaatnya,” ucapnya.

Baca Juga :  Sambut Baik Perubahan Segmen Debat Kedua Pilwali Makassar, Appi: Kami Rileks

Menanggapi harapan Ketua RT 04 ini, Melinda Aksa pun menyebut salah satu solusi bagi pemberdayaan perempuan yang bakal dihadirkan Appi-Rahman yakni Rumah Kreatif.

Program Rumah Kreatif menurut Melinda Aksa akan hadir sebagai wadah untuk mendorong perempuan-perempuan utamanya ibu rumah tangga untuk mengembangkan kemampuannya dalam berwirausaha.

“Jadi bukan hanya untuk kalangan anak muda yang akan diberdayakan dengan wadah Co-working Space di tiap kelurahan, tetapi ada pula Rumah Kreatif khusus untuk perempuan yang hadir di tiap RW,” ucapnya.

Keberadaan Rumah Kreatif ini menurut Melinda tak hanya sekedar sampai pada pelatihan semata, tetapi melalui program pelatihan tuntas akan ada bantuan peralatan atau perkakas kerja yang dibutuhkan.

“Mengapa ini penting supaya langsung siap dengan skill yang didapatkan, perempuan harus berdaya secara ekonomi apalagi disituasi Covid-19 yang serba sulit ini. Perempuan harus pintar dan inovatif membantu pendapatan keluarga,” sambungnya.

Baca Juga :  Inginkan Perubahan Nyata, Ketua RW Wala-Walaya Eks Loyalis DP Beralih Pilih Ke Appi-Rahman

Program Rumah Kreatif yang dipaparkan Melinda ini pun mendapatkan respon positif bahkan ibu-ibu makin antusias serta tergerak untuk memilih Appi-Rahman.

Ketua LPM Bitowa, Suyuti, bahkan memuji Melinda sebagai istri calon wali kota yang bakal memiliki sumbangsi besar nantinya jika Appi-Rahman terpilih.

Keyakinannya itu didasarkan pada kemampuan Melinda Aksa sebagai sosok pengusaha dan berbagai aktifitas sosialnya sudah tak diragukan lagi.

“Kami yakin Ibu Melinda akan terjun dan mengimplementasikan upayanya memberdayakan perempuan bersama Appi-Rahman, karena kami tahu Ibu Melinda ini juga konsen untuk kegiatan-kegiatan sosial dan pendidikan selama ini, jadi kami sudah tidak ragu lagi,” ungkapnya.

Seperti diketahui sebelumnya putri ketiga pendiri Bosowa, Aksa Mahmud, ini merupakan pimpinan di Yayasan Aksa Mahmud yang membidani pendidikan, diantaranya Universitas Bosowa.

Melinda Aksa juga membentuk lembaga layanan sosial yakni Bosowa Peduli yang sudah beberapa tahun terakhir menyalurkan berbagai bantuan serta pelatihan-pelatihan untuk kalangan perempuan.(*)