Liga Belanda: Ajax Lumat Fortuna Sittard 5-2

Gelandang Ajax Davy Klaassen (kanan) melakukan selebrasi bersama David Neres seusai mencetak gol ke gawang Fortuna Sittard dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, Sabtu (31/10/2020) waktu setempat. (ANTARA/AFP/ANP/Olaf Kraak)

BERITA.NEWS, Jakarta – Ajax melanjutkan tren kemenangan dengan selisih gol besar usai melumat Fortuna Sittard 5-2 dalam laga pekan ketujuh Liga Belanda yang berlangsung di Stadion Johan Crujff Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Sempat tertinggal oleh gol cepat bek Fortuna Sittard, George Cox, pada menit ke-7, Ajax lalu bangkit dan mencetak lima gol balasan melalui dua gol Davy Klaassen, Briad Brobbey, Dusan Tadic, dan Quincy Promes.

George Cox kembali mencetak gol jelang menit akhir pertandingan, tetapi tetap tak mampu membawa Fortuna Sittard mencuri poin di markas Ajax, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Raihan tiga poin ini semakin menegaskan posisi Ajax di puncak klasemen dengan raihan dengan 18 poin, sementara Fortuna Sittard menjadi kekalahan kelimanya musim ini dan berada di jurang klasemen dengan mengoleksi dua poin.

Ajax yang dalam kepercayaan diri tinggi di Liga Domestik menurunkan skuad terbaiknya. Sepanjang laga mereka menguasai hingga 73 penguasaan bola berbanding 47 bagi tim tamu.

Baca Juga :  Milan Tundukkan Napoli 3-1, Ibrahimovic Sumbang Dua Gol

Tuan rumah tertinggal lebih dulu pada menit ke-7 lewat aksi George Cox. Ia yang lolos dari jebakan offside dan tunggal berhadapan satu lawan satu dengan Andre Onana melepaskan sepakan mendatar yang mengubah papan skor.

Meski mendominasi, Ajax baru bisa menyamakan kedudukan melalui titik putih ketika pertandingan sudah berjalan setengah jam. Davy Klaassen yang menjadi eksekutor sukses memperdaya kiper Fortuna Yanick van Osch.

Jelang paruh pertama berakhir, Davy Klaassen kembali mencetak gol sekaligus membawa Ajax berbalik unggul.

Pemain muda Brian Brobbey mengawali debutnya dengan manis saat mengantar Ajax menjauh 3-1. Sepakan Anthony yang membentur mistar gawang, membuat bola tak sengaja mengarah ke kaki Brobbey.

Memasuki menit ke-86, Ajax kembali mendapatkan hadiah penalti yang kedua. Kini giliran Dusan Tadic yang mencatatkan namanya di papan skor dan Ajax unggul 4-1.

Baca Juga :  Liverpool Libas Leicester Lewat 3 Gol Sundulan

Tak puas atas raihan itu, Quincy Promes yang tampil gemilang kala menghancurkan VVV Venlo kembali mencetak angka melalui titik putih. Ia sukses memperdaya kiper Fortuna Sittard.

Saat laga dirasa akan berakhir 5-1, George Cox memperkecil ketertinggalan menjadi 5-2 lewat sepakan keras dari luar kotak penalti. Bola yang kencang tak mampu diselamatkan Andre Onana. Ajax menang 5-2.

Dalam pertandingan lain, Groningen yang masih tanpa diperkuat Arjen Robben sukses menyudahi perlawanan VVV Venlo 2-1.

VVV masih belum bisa membalas kekalahan memalukan dari Ajax pada pekan kemarin dan harus merosot ke posisi 14 dengan lima angka. Sementara Groningen naik ke posisi enam dengan raihan 13 poin.

  • ANTARA