Cegah Begal Sepeda, Dishub DKI Segera Siagakan Patroli

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersepeda di kawasan Bundaran HI, Minggu (3/11/2019). (ANTARA/Livia Kristianti)

BERITA.NEWS, Jakarta – Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo segera menyiagakan personel patroli di jalur-jalur sepeda untuk mencegah kasus pembegalan atau penjambretan yang menyasar pesepeda di Ibu Kota.

“Seperti hari ini di persimpangan sepanjang Sudirman-MH Thamrin itu ada petugas Dishub yang berjaga. Kita harapkan adanya petugas ini akan mengurungkan niat pelaku untuk melakukan penjambretan,” kata Syafrin saat dihubungi, Jumat (30/10/2020).

Selama ini pihaknya selalu melakukan patroli, namun patroli yang dilakukan bersifat dinamis karena petugas harus bergerak memutari kawasan-kawasan yang telah ditentukan.

Baca Juga :  Adeni Muhan Juara I Menembak HUT Brimob Ke-75

Meski demikian, patroli yang dilakukan jajaran Dishub DKI belum maksimal. Syafrin mengharapkan adanya bantuan petugas patroli rutin baik dari pihak Kepolisian maupun TNI.

“Kita harapkan di titik-titik lain juga bisa dilakukan pengawasan secara intens bersama-sama Kepolisian dan TNI,” ujar Syafrin.

Sepanjang Oktober 2020, kasus penjambretan atau pembegalan terhadap pesepeda di Ibu Kota Jakarta mengalami tren peningkatan.

Sejauh ini pembegalan pesepeda itu sudah ditemukan di tiga wilayah kota, yaitu Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

Baca Juga :  Wagub DKI Ahmad Riza Patria Positif COVID-19

Menanggapi maraknya begal sepeda, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta masyarakat menggiatkan Sistem Keamanan Keliling (Siskamling) untuk mengantisipasi begal sepeda di ibu kota.

Polres Metro Jakarta Pusat dan Polres Metro Jakarta Selatan pun telah menyiapkan personel khusus untuk mencegah kejadian serupa berulang.

  • ANTARA