Debat Kandidat, Malkan-Salahuddin Paparkan Mulai Investasi, Pariwisata hingga Infrastruktur

BERITA.NEWS, Barru – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barru menggelar debat kandidat, di Hotel Gammara, Jl Metro Tanjung Bunga, Makassar, Rabu (27/10/2020).

Salah satu kandidat Wakil Bupati dan Wakil Bupati yang ikut yakni pasangan calon (paslon) nomor urut 3, Malkan Amin-A.Salahuddin Rum.

Pada sesi debat kandidat ini, paslon yang dikenal dengan sebutan Macora ini memaparkan visi-misi secara detil dan terperinci setiap program kerja yang akan dilakukan jika masyarakat Barru memberikan amanah sebagai pemimpin di daerahnya selama periode 2021-2026.

Menurutnya, investasi di Barru harus dibuka seluas-seluasnya, sehingga membutuhkan jaringan-jaringan yang lebih luas. Dengan memberikan kemudahan investor masuk ke daerahnya, kata Malkan Amin, tentu akan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya, yang diharapkan dapat mensejahterakan seluruh lapisan masyarakat.

Begitu pula dengan sektor pariwisata, harus dikembangkan lebih luas, dengan mengajak investor masuk ke daerahnya. Dengan masuknya investor, akan dapat mengembangkan sektor pariwisata, tanpa mengandalkan kas daerah.

Baca Juga :  Taufan Pawe Instruksikan Kader Golkar Bantu IMUN di Pilwakot Makassar

Dikatakan Cabup Malkan Amin, untuk sektor pariwisata itu akan mudah dikembangkan jika mempermudah investor masuk. Pemerintah daerah jangan hanya mengandalkan anggaran daerah terus untuk melakukan penataan dan pengembangan sektor pariwisata ini.

โ€œKalau saya diamanahkan oleh Tuhan dan masyarakat Barru jadi bupati insya Allah sektor pariwisata akan kami kelola secara profesional dengan melibatkan masyarakat dan pihak investor,โ€ ucapnya.

Mantan Anggota DPR RI ini melanjutkan, pembangunan dan pengembangan sektor pariwisata itu tidak boleh mengorbankan masyarakat. Pasalnya, tujuan pembangunan adalah bagaimana meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Menurut Malkan, mengembangkan pariwisata harus melakukan survei terlebih dahulu. Kalau survey itu hasilnya tidak mengorbankan masyarakat, barulah dapat dilakukan pembangunan.

“Tentu semua harus melibatkan masyarakat itu sendiri, sehingga masyarakat merasa memiliki, jadi perlu ada keterlibatan mereka,” tandasnya.

Lebih rinci Malkan bersama pasangannya Andi Salahuddin Rum, mengurai permasalahan infrastruktur jalan. Paslon ini yakin anggaran daerah, tenaga, waktu dan pikiran tidak akan habis terkuras jika persoalan infrastruktur dilakukan dengan hati-hati dan menjaga kualitas pekerjaannya.

Baca Juga :  Taufan Pawe Instruksikan Kader Golkar Bantu IMUN di Pilwakot Makassar

Kalau kualitas infrastruktur diperhatikan, dijaga dengan baik, sehingga waktu dan dana tidak terkuras habis ke pemeliharaan saja. Anggaran itu bisa digunakan untuk memikirkan sektor lain yang lebih dibutuhkan secara langsung oleh masyarakat.

“Anggaran jangan dihabiskan hanya untuk pemeliharaan secara terus-menerus, itu pemborosan,” urai Malkan, diamini pasangannya Andi Salahuddin Rum.

Demikian juga pendidikan, paslon ini mengatakan mulai siswa, guru dan seluruh ASN perlu diberi kesempatan seluas-luasnya. Mereka nantinya akan dibantu dengan beasiswa untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Barru.

  • REDAKSI