MACORA Janjikan 11 Program Strategis

BERITA.NEWS, Barru – Pasangan calon H.M. Malkan Amin-A. Salahuddin Rum, yang dikenal dengan sebutan Macora bukan hanya sekedar maju dalam perhelatan politik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barru yang akan dihelat serentak tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Namun Macora jilid II yang bernomor urut 3 pada Pilkada Barru 9 Desember 2020 ini mengusung 11 (sebelas) program strategis, yang tentu akan menyentuh semua komponen masyarakat di Kabupaten Barru demi mewujudkan Barru yang lebih sejahtera, lebih unggul dan lebih religius.

Dengan tagline Macora, paslon H.M.Malkan Amin-Andi Salahuddin Rum optimis akan memenangkan pertarungan Pilbup Barru tahun ini. Pernyataan ini ditegaskan Calon Bupati, H.M. Malkan Amin kepada Beritanews, Sabtu (24/10/2020).

Mantan anggota MPR/DPR RI, yang tak lain adalah Cabup Barru, H.M. Malkan Amin mengungkapkan, dirinya bersama Cawabup Andi Salahuddin Rum mengusung 11 (sebelas) program strategis yang sangat dibutuhkan seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Barru saat ini.

Ia mengatakan, program Macora (masyarakat cerdas, cakap, optimisdan berakhlak) akan diwujudkannya dengan menggagas kampung santri. Selain itu, paslon ini menjanjikan akan membebaskan seluruh biaya pendidikan alias gratis mulai tingkat PAUD, SD, SMP hingga SMA.

Baca Juga :  Gerakan 5 Juta Masker, Ganjar: Masyarakat Harus Disiplin Tegakkan 3M

Program strategis lain yakni menjanjikan beasiswa S1 bagi siswa yang berprestasi. Bahkan akan memberi beasiswa S2 untuk para guru dan ASN yang berprestasi.
Selain itu, dalam upaya mempersiapkan sumber daya manusia yang handal dan cakap, yang dapat bersaing dalam mengisi lapangan kerja, maka paslon Macora akan memberikan kursus gratis bagi masyarakat. Program kursus gratis ini bertujuan untuk mempersiapkan angkatan kerja di setiap kecamatan.

“Untuk menggerakkan roda perekonomian yang cepat, maka jika Macora diberi amanah oleh masyarakat, kami akan mencetak 1000 wirausahawan muda, agar para pemuda di Kabupaten Barru kami arahkan menjadi wirausaha yang tangguh dan profesional,” ujar Malkan Amin.

Malkan menambahkan, Macora juga memiliki program strategis untuk menunjang kebutuhan dan kegiatan-kegiatan masyarakat. Untuk itu, ia akan membangun gedung serba guna di setiap desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Barru.

Pada sektor ekonomi juga, Macora akan menempatkan pusat kegiatan masyarakat di setiap kecamatan. Program ini berpusat di lapangan terbuka, yang dibarengi dengan kegiatan bisnis masyarakat, sehingga dapat menggerakkan roda perekonomian di daerahnya, serta mengeksplor kreatifitas anak-anak muda di daerah tersebut.

Baca Juga :  Makin Solid Jelang Pemungutan Suara, Perindo Gerakkan Mesin Partai Ajak Warga ke TPS Coblos Appi-Rahman

Di sektor kesehatan, paslon Macora akan melakukan peningkatan layanan kesehatan. Untuk meningkatkan layanan kesehatan ini sangat diperlukan penambahan dokter spesialis, bahkan akan meningkatkan status Puskesmas menjadi rawat inap.

“Apalagi di masa-masa pandemi Covid-19 saat ini, yang entah kapan akan berakhir, kami akan fokus pada pencegahan dan penanggulangan wabah Covid-19 ini,” ucapnya.

Cabup Malkan melanjutkan penjelasannya, bahwa Macora kelak akan menciptakan 2000 lapangan kerja baru. Guna mewujudkan hal ini, Macora kawasan Industri Barru, yang dapat terintegrasi dengan Pelabuhan Garongkong.

Bukan hanya itu, Macora menurut Cabup Malkan Amin, akan membangun infrastruktur secara adil dan merata, termasuk membenahi jalan-jalan kecamatan dan desa-desa. Bahkan, dirinya bersama Andi Salahuddin Rum, kata Malkan lagi, akan memperbaiki infrastruktur pertanian, semisal perbaikan irigasi yang dapat mengairi 5000 ha lahan pertanian di daerahnya.