Presiden Polandia Positif COVID-19, Kondisi Baik-baik Saja

Dokumentasi - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menyapa Presiden Polandia Andrzej Duda (kanan) di Kyiv, Ukraina, Senin (12/10/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Valentyn Ogirenko/Pool/hp/cfo

BERITA.NEWS, Warsawa – Presiden Polandia Andrzej Duda terkonfirmasi positif COVID-19, tetapi ia dalam kondisi yang baik, kata Menteri Kepresidenan Blazej Spychalski lewat unggahannya di Twitter, Sabtu (24/10/2020).

“Presiden menjalani tes COVID-19 kemarin. Hasilnya positif. Presiden baik-baik saja. Kami terus berhubungan dengan layanan kesehatan terkait,” kata Spychalski

Duda kena COVID-19 saat jumlah kasus positif di Polandia terus naik. Otoritas kesehatan setempat melaporkan 13.600 kasus baru pada Jumat (23/10), angka tertinggi yang tercatat di Polandia.

Baca Juga :  Korban Tewas Covid-19 Capai 1,5 Juta, WHO Kecam Negara yang Tak Peduli

Duda, 48, memiliki tanggung jawab menghadiri upacara kenegaraan dan ia punya kuasa untuk menjatuhkan veto di parlemen. Ia merupakan pendukung partai nasionalis Hukum dan Keadilan (PiS) di Polandia.

Pemerintah sejak Sabtu mulai memberlakukan lebih banyak pembatasan kegiatan dan aktivitas masyarakat di Polandia demi mengendalikan penyebaran COVID-19.

Beberapa pembatasan, di antaranya penutupan restoran dan bar selama dua minggu.

Kementerian Kesehatan setempat melaporkan 153 kasus kematian baru akibat COVID-19, Jumat, sehingga total korban jiwa mencapai 4.172 orang.

Baca Juga :  Chang'e-5 Mendarat di Bulan, Mulai Kumpulkan 2 Kilogram Sampel

Duda ikut menambah daftar kepala negara/kepala pemerintahan yang terkonfirmasi positif COVID-19, di antaranya Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Presiden Brazil Jair Bolsonaro, dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

  • Reuters/ANTARA