Gowa Raih Penghargaan Proklim Kementrian LHK

BERITA.NEWS, Gowa – Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina menerima apresiasi Pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya pada puncak kegiatan Festival Iklim Tahun 2020 secara virtual di Ruang Peace Room, Kantor Bupati Gowa, Jumat (23/10/2020).

Apresiasi pemerintah pusat tersebut diberikan kepada pemerintah kabupaten Gowa karena menetapkan kebijakan/peraturan serta secara aktif melakukan pembinaan dan pendampingan untuk mendukung pelaksanaan Program Kampung Iklim (Proklim).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, Azhari Azis menjelaskan bahwa penghargaan ini diraih karena Pemerintah Kabupaten Gowa telah konsisten dalam mendorong Program Kampung Iklim.

“Proklim merupakan program nasional dimana pemerintah kabupaten melalui Dinas Lingkungan Hidup memberikan pemahaman dan wawasan kepada masyarakat tentang perubahan iklim dan penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dengan memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi,” jelasnya.

Baca Juga :  Di Tangan Appi-Rahman, Sungai Tello Jadi Wajah Baru Makassar

Selain apresiasi untuk pemerintah Kabupaten Gowa, KLHK RI juga memberikan piagam penghargaan kepada 5 (lima) desa binaanProklim yakni Rumah Koran Pimpinan Jamaluddin Dusun Bontolebang Desa Kanreapia Kecamatan Tombolopao, Kelompok Tani Ta’Calla, Nurdin, Lingkungan Bulu Ba’lea Kelurahan Pattapang Kecamatan Tinggimoncong.
Kelompok Tani Ero Salewangang, Nyarrang Dg. Nakku, Dusun Campagaya, Desa Pallantikang Kecamatan Manuju. Kelompok Tani Lemoa Jaya, Usman, Dusun Lemoa Desa Pattallikang Kecamatan Manuju, dan Kelompok Tani A’Bulosibatang, Kamruddin Dg.Roa Dusun Balla Ta’bua Desa Kalemandalle Kecamatan Bajeng Barat.

Baca Juga :  Siri'na Makassar, Siri'na Appi-Rahman, Tena Kupakasiri' Ki

Pj Sekda Gowa, Kamsina yang pernah menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa merasa bersyukur atas apresiasi dan penghargaan yang didapatkan hari ini.

“Ini merupakan wujud nyata dan perhatian pemerintah pusat yang sangat peduli terhadap dampak perubahan iklim ditingkat lokal,” ujarnya.

Tak hanya itu saja, ia juga mengapresiasi atas kerja keras stakeholders terkait yang telah mampu melakukan pembinaan di 5 desa. Sehingga ke-5 desa ini mampu meraih penghargaan Proklim Utama di tingkat Nasional.

  • Putri