Kombes Adenimuhan, Selamat Datang Kembali di Polda Sulsel

Kombes Pol Adenimuhan didampingi Ibu Meidiana Muhan.

MAKASSAR – Dari Makassar, kembali ke Makassar. Itulah Kombes Pol Adeni Muhan Daeng Pabali. Setelah pernah menjabat Dansat Brimob Polda Sulsel, kemudian diterbangkan ke Mabes Polri sebagai Analisa Kebijakan Madya bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri selama setahun tiga bulan, kini Kombes Pol Adeni Muhan kembali ke Makassar.

Kali ini, di Makassar tentu dengan jabatan yang lebih mentereng, sebagai Karo Ops Polda Sulsel.

Tentu saja, kehadiran Kombes Pol Adeni Muhan di Kota Daeng bukan wajah baru bagi jajaran kepolisian daerah ini, termasuk bagi insan pers.

Kombes Pol Adeni Muhan Daeng Pabali pernah menjabat sejumlah posisi penting di Polda Sulsel. Di antaranya sebagai Kabid TIK Polda Sulsel dan Komandan Satuan Brimob Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Dansat Brimob Polda Sulsel).

Dia menjabat Dansat Brimob Polda Sulsel sejak Selasa, 21 Maret 2017. Saat itu, dia dilantik oleh Kapolda Sulsel yang saat itu dijabat Irjen Pol Muktiono.

Kala itu, dia dilantik tidak sendiri, tapi bersama tiga pejabat utama lainnya di lingkup kerjanya. Pelantikan dilakukan di Auditorium Paramartha 78 SPN Batua, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar. Selain Kombes Pol Adenimuhan sebagai Dansat Brimob, juga ada Dir Intelkam, Kasat Brimob, dan Kabid TIK Polda Sulsel.

Baca Juga :  Relawan Anir-Lutfi Nobar "Wajah Baru Jembatan Pangkajene"

Kombes Pol Adeni Muhan yang sebelumnya menjabat Kabid TIK saat itu menjadi Dansat Brimob menggantikan Kombes Pol Totok Lisdiarto. Sedangkan Kabid TIK dijabat oleh AKBP Darma Lelepadang.

Kombes Pol Adeni Muhan menjabat Dansat Brimob Polda Sulsel selama 2 tahun 6 bulan. Selama menjabat Dansat Brimob, dia melewati peristiwa Pilwalkot, Pilkada Serentak dan Pilgub. Tiga peristiwa politik itu berhasil diamankan dengan baik.

Setelah itu, dia harus meninggalkan Makassar dan ditarik ke Mabes Polri. Mutasi itu sesuai surat Telegram Rahasia (TR) dengan nomor: ST/2024/VIII/Kep./2019, tertanggal 2 Agustus 2019. TR yang dikeluarkan langsung oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian, ditandangani oleh As SDM Polri, Irjen Pol Eko Indra Heri.

Dalam telegram rahasia itu, Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Adeni Muhan Daeng Pabali yang telah menyelesaikan studinya di Dik Pelatihan Kepemimpinan Nasional dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri.

Baca Juga :  Relawan Anir-Lutfi Nobar "Wajah Baru Jembatan Pangkajene"

Setelah setahun di Mabes Polri, alumni Akpol Lulusan 1990 ini kembali ditarik kembali ke Kota Makassar sebagai Karo Ops Polda Sulsel. Rencananya, dia akan dilantik pada 26 Oktober mendatang.

Ketika dikonfirmasi, Kombes Pol Adeni Muhan Daeng Pabali membenarkan hal tersebut.

“Alhamduillah, diberikan kepercayaan untuk menjabat sebagai Karo Ops Polda Sulsel sesuai dengan Telegram Mabes Polri,” ungkap pria yang akrab disapa Puang Tindiz ini, Minggu (18/10/2020).

Sebelumnya juga diketahui, Kombes Pol Adeni Muhan saat menjabat Kabid TIK Polda Sulsel berhasil membuat ruang command centre. Selain itu, Kombes Pol Adeni Muhan juga meraih prestasi Komandan Brimob Polda Sulsel Ops Pam Pemilu dan Pilkada yang berjalan aman dan tertib, serta prestasi lainnya.

loading...