Kapok Dijanji Walikota Sebelumnya, Tiga Asosiasi Pedagang Pasar Sentral Solid ke Appi-Rahman

BERITA.NEWS, Makassar – Ratusan pedagang yang menggantungkan hidup di Pasar Sentral Makassar, Kecamatan Wajo, menetapkan pilihannya kepada Pasangan Calon, Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando (Appi-Rahman), pada Pemilihan Wali kota Makassar 2020.

Para pedagang yang menyatakan sikap all out memenangkan Appi-Rahman ini berasal dari tiga asosiasi berbeda.

Yakni Asosiasi Pedagang Kaki Lima (Aspek 5) Amanah Makassar Mall, Himpumam Pedagang Informal Makassar (Hipim), dan Serikat Pedagang Kaki Lima Makassar (Speklim).

Para pengurus asosiasi pedagang ini mendampingi Appi saat blusukan di kawasan pasar Sentral, Senin (12/10/2020).

Appi pada kesempatan itu blusukan sekitar 30 menit menyapa dan berdialog dengan pedagang di Blok B Barat dan Selatan.

Rata-rata pedagang di Blok B ini masih menempati lapakan nonpermanen lantaran belum memutuskan untuk pindah ke lapakan yang terletak di bangunan baru Pasar Sentral/Makassar Mall.

Salah satu pedagang di Blok B yang juga Ketua Aspek 5, H Nia, mengatakan bahwa kepedulian Appi sudah terasa dengan memperhatikan lapak bangunan yang mereka tempati saat ini.

“Alhamdulillah kita semua pedagang kaki lima khususnya di Blok B sangat bahagia dan gembira dengan kehadiran beliau, berhubung memang kami sangat memgharapkan pemimpin seperti beliau yang betul-betul memperhatikan rakyat kecil. Mulai dari bangunan kita sudah diperhatikan, bahwa bangunan kita ini tidak layak sebetulnya, terlalu pendek jadi beliau sudah perhatikan itu,” ucapnya.

Lebih lanjut H Nia juga menjabarkan bahwa dirinya masih menginginkan bertahan di lapakan lama dan tak bergeser ke gedung utama lantaran saat ini terkendala dengan harga kios yang tak sebanding dengan pemasukan.

Sehingga ia berharap saat Appi-Rahman terpilih khusus di blok B nantinya bisa dipermanenkan statusnya, bukan lagi sekedar mendapat SK sementara.

“Harapan kita begini, kita harapkan yang di blok B tetap di blok B. SK sementara yang berada di blok B mudah-mudahan kalau bapak terpilih nantinya sudah SK permanen, karena kalau masih SK sementara kita masih risau seperti inikan,” sambungnya.

“Kita khusus Aspek 5 mendukung penuh, kalau ada di atasnya 100 persen kita dukung Pak Appi di atasnya lagi,” tutupnya.

Senada di sampaikan H Nia mewakili Aspek 5, Ketua Speklim, Abd Rahman Sibali, sibali juga menyatakan dukungannya ke Appi-Rahman.

Ia mewakili pedagang lainnya juga menyebut bahwa pedagang Pasar Sentral enggan lagi memilih Wali kota yang sebelumnya.

Alasannya dikarenakan pada Pemerintahan sebelumnya para pedagang pasar sentral mengaku dizolimi dengan berbagai kebijakan termasuk pada 2018 lalu rekan-rekan mereka digusur.

Sementara menurutnya penggusuran yang terjadi tak dibarengi dengan solusi yang bisa sama-sama menguntungkan kedua belah pihak.

“Carut-marut ini masalah di pasar sentral, makanya kami butuh pemimpin baru yakni Pak Appi yang bisa berkomitmen sebab kami sudah tak mau lagi dijanji-janji sama yang dulu-dulu,” tegasnya.

Menanggapi dukungan sekaligus keluhan para pedagang ini, Appi pun menegaskan bahwa jika terpilih nantinya seluruh permasalah akan dibahas dengan kembali duduk bersama para pedagang.

“Kita akan selesaikan masalah-masalah ini sebab tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Masyarakat, para pedagang termasuk PK5 harus kita perhatikan betul kesejahteraannya, sebab mereka juga bersumbangsi pada pembangunan kota Makassar,” tegasnya.(*)

loading...